Tanya Dokter

  • Efek Samping obat Sertraline dan Clobazam

  •  Lia Chalia
    Anggota

    Hallo Alodokter, sy Lia ingin bertanya tentang obat Sertraline dan Clobazam. Kerabat sy mngalami gejala_gejala psikotik, bipolar dn OCD. Lalu dokter memberikan obat2an antipsikotik sperti Hadol,CPZ,dn Clozapine. Gejala2 psikotik reda, tp gejala bipolar,cemas dn OCD msih ada, lalu ditambahlah dengan sertraline dn clobazam. Setelah konsumsi sertraline selama +- 1 bulan dgn dosis 50 mg (1x1) dn clobazam baru 1 minggu dgn dosis 30 mg (3x1), maka alhasil kerabat sy mengalami sesak napas sperti depresi pernapasan, susah bernapas gitu, Jadi sy takut kalau kenapa_kenapa, dia juga lemas dn melayang layang badannya. Pertanyaan sy, bolehkah sy menurunkan dosis obat trsebut mnjadi setengahnya saja berhubung kondisi badan kerabat sy tidak memungkinkan??

    Hai Lia, Obat-oabatan yang anda sebutkan dapat memberikan efek yang berbeda-beda pada setiap orang tergantung pada kompensasi tubuh orang itu sendiri terhadap pengobatan yang diberikan. Pengobatan yang diberikan kepada kerabat anda sudah diperhitungkan oleh dokter yang memberikannya. Jika terjadi hal-hal di luar dugaan sebaiknya anda membawa kerabat anda kembali ke dokter yang memberikan obatnya sehingga dokter dapat melihat secara langsung gejala yang ditimbulkan oleh obat tersebut dan mempertimbangkan pengobatan selanjutnya. Untuk mengurangi atau menambah dosis tidaklah hal yang sembarangan dan sebaiknya harus berdasarkan saran dari dokter kejiwaan yang merawat kerabat anda. Semoga membantu dr. Yosephine

    Lia Chalia  Lia Chalia
    Anggota

    Terimakasih