Tanya Dokter

  • Efek Samping obat Sertraline dan Clobazam

  •  Lia Chalia
    Anggota

    Hallo Alodokter, sy Lia ingin bertanya tentang obat Sertraline dan Clobazam. Kerabat sy mngalami gejala_gejala psikotik, bipolar dn OCD. Lalu dokter memberikan obat2an antipsikotik sperti Hadol,CPZ,dn Clozapine. Gejala2 psikotik reda, tp gejala bipolar,cemas dn OCD msih ada, lalu ditambahlah dengan sertraline dn clobazam. Setelah konsumsi sertraline selama +- 1 bulan dgn dosis 50 mg (1x1) dn clobazam baru 1 minggu dgn dosis 30 mg (3x1), maka alhasil kerabat sy mengalami sesak napas sperti depresi pernapasan, susah bernapas gitu, Jadi sy takut kalau kenapa_kenapa, dia juga lemas dn melayang layang badannya. Pertanyaan sy, bolehkah sy menurunkan dosis obat trsebut mnjadi setengahnya saja berhubung kondisi badan kerabat sy tidak memungkinkan??

    Lia Chalia  Lia Chalia
    Anggota

    O,ya dokter usia kerabat sy itu 21 tahun. Dia udah 2 bulan ini rutin konsumsi obat2 antipsikotik, 1 bulan rutin konsumsi obat sertraline, 1 minggu rutin konsumsi obat clobazam. Alhasil semua gejala reda dan dia tak ada keluhan lg selain cemas yg dia rasa udah berkurang / sedikit aja. Efek klinisnya bikin dia udah bisa beraktifitas dn gejala2 skizo,OCD,dn bipolar udah gak ada lg. Hanya saja efek samping dua obat itu bisa bikin dia susah bernapas (bernapas tersengal_sengal/ngos2an)/bisa sesak napas dn itu terjadi dimulai ketika dia tidur dn bangun pagi. Mohon pencerahannya dok, apa yg harus sy lakukan??

    Pertanyaan anda sudah dijawab oleh tim kami. Terimakasih