Tanya Dokter

  • Efek Samping Obat Tuberkulosis

  •  Sidik
    Anggota

    Dok saya di diagnosa menderita penyakit Lymphadenitis Kronis Spesifik, nah saya dianjurkan untuk mengkonsumsi obat selama 6 bulan dok. obat yg saya minum antara lain ethambutol hcl, pyrazinamide, rifampicin, inoxin.

    Oh iya dok tanggal 12 november kemaren tepat saya genap 1 bulan sudah mengkonsumsi obat dok, yg saya ingin tanyakan dok, di 2 minggu awal efek samping obat belum terlalu berasa dok hanya sedikit lemas dan jantung berdebar debar dan sedikit mual nah setelah itu diberi obat tambahan lah omeprazole agar menurunkan kadar asam katanya biar gk mual. dan perubahan sedikit terasa, tapi di 2 minggu berikutnya sampai sekarang ada efek samping lain dok seperti area dada kanan dan kiri sakit dok terus lengan sampai punggung kiri juga pegal dok dan diiringi panas dingin, nafas berat, dan lemas, awalan saya konsultasikan itu di minggu pertama terasa sakitnya saya hanya disuruh menunggu dok dan di minggu kedua saya diberi obat pereda nyeri mefenamic Acid dihari pertama minum obat pereda nyeri emang ada perubahan dok tapi hanya dihari itu saja di hari berikutnya terasa lagi,

    Nah dok yg saya tanyakan langkah apa yg harus saya ambil dok? 

    apakah perlu di lakukan rontgen dok?

    Terima kasih telah bertanya di ALodokter.com

    Sama dengan obat lainnya, obat tuberkulosis juga dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti :

    • Mual dan muntah
    • Penurunan nafsu makan
    • Gangguan penglihatan
    • demam
    • ruam dan gatal pada kulit
    • Urine yang berwarna oranye

    Keluhan yang Anda alami ada kemungkinan akibat efek samping obat, tetapi dapat pula merupakan suatu gejala dari perjalanan penyakit yang Anda alami.  Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter yang merawat Anda karena pemberian obat tsb harus dengan pengawasan dokter dan evaluasi lanjutan sangatlah diperlukan selama pengobatan. Jika dokter telah memberikan obat, maka sebaiknya Anda mengikuti anjuran dan saran dari dokter dengan baik. Hindari mengkonsumsi obat sendiri tanpa anjuran dokter. Jika efek samping yang ditimbulkan tergolong ringan, maka obat akan terus dilanjutkan namun diberikan obat tambahan untung mengurangi keluhan. Jika gejala tsb berat, maka penghentian salah satu obat yang kemungkinan menyebabkan hal tsb dapat dipertimbangkan. 

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti