Tanya Dokter

  • efek samping pemakain obat kuat dan solusi penanganannya

  •  nadnadh
    Anggota
    Selamat siang dok, sy mau tanya. Suami sy pernah memakai obat oles merk hajar jahanam (kl gk salah) pd penisnya, setelah pemakaian suamj sy merasabpanas pd bagian yg dioles tsb. Anehnya setelah pemakain obat oles tsb, penis suami sy mengalami susah ereksi. kalaupun ereksi itu tdk semaksimal sebelum pemakaian obat oles tsb. Kira2 kenapa ya dok, apakah ada obatnya? agar suami sy sehat lg apa yg harus kami lakukan?

    Hai nadnadh,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Hajar jahanam merupakan suatu produk yang dibuat dari getah beberapa jenis tumbuhan di Mesir dan India. Produk ini diklaim dapat membantu pria-pria yang mengalami masalah dalam ereksi dan ejakulasi. Namun, keterbatasan penelitian yang tersedia terkait mekanisme kerja, manfaat, dan efek samping produk ini membuat kami tidak berwenang menjelaskan secara mendetail tentangnya.

    Rasa panas yang suami Anda rasakan setelah mengaplikasikan Hajar jahanam ini di penisnya kemungkinan disebabkan oleh iritasi. Iritasi ini, selain menyebabkan rasa panas, bisa juga membuat penis memerah, nyeri, atau bahkan bengkak.

    Kesulitan ereksi yang suami Anda alami setelah tidak lagi menggunakan produk tersebut bisa jadi disebabkan oleh gangguan pada sistem syaraf otonom yang meregulasi ereksi. Atau, bisa juga kesulitan ereksi ini terjadi karena sebab lain yang belum tentu berkaitan dengan penggunaan produk sebelumnya, misalnya karena:

    • Tekanan psikologis, seperti karena stres, cemas
    • Terlalu sering masturbasi atau menonton porno
    • Efek penyalahgunaan obat terlarang atau konsumsi alkohol
    • Penyakit tertentu, misalnya diabetes, stroke, cidera panggul, kelainan kelenjar tiroid, dan sebagainya

    Sebaiknya, Anda ajak suami Anda memeriksakan langsung keluhannya ke dokter guna dilakukan penanganan yang tepat ya.. Penanganan bisa diberikan dengan obat-obatan atau terapi psikiatrik jika diperlukan.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya hindari penggunaan produk "obat kuat" tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Selain itu, untuk menjaga stamina dalam berhubungan seksual, sebaiknya rajinlah berolahraga, makan makanan yang bergizi, hindari stres, istirahat teratur, dan hindari rokok serta alkohol.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah