Tanya Dokter

  • efek samping pil kb setelah berhenti menggunakannya

  • Dok . Sya mw nanya .sya sekarang sudah pisah dengan mantan suami sya dan sya telah berhenti menggunakan pil kb .apakah ada efeknya . Soalnya setelah sya pisah dngan mantan suami sya .sya baru mngalami 2 kali msa haid .setelah it sya belum prna lgi mengalami haid smpai skr kra* 5blan .apakah it berbahaya buat sya .?

    Hai Efek dari berhenti KB hormon seperti suntik, susuk dan pil memang bisa bergejala adanya gangguan menstruasi seperti yang anda alami yaitu tidak menstruasi selama 5 bulan. Sebaiknya dipastikan dulu dengan test pack, jika negatif memang kemungkinan disebabkan tidak seimbangnya hormon akibat KB. KB hormonal dapat mempengaruhi kadar hormon normal dalam darah. Ini dapat terjadi sampai terjadinya penyesuaian tubuh dengan kadar hormon yang ada dalam darah. Ada juga penyebab tidak menstruasi lain, seperti:

    • Menopause
    • Dan oleh sebab penyakit lain seperti sindrom cushing,gangguan kelenjar pituitari, policystic ovary syndrome (PCOS), dll.
    Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dilakukan pemeriksaan USG. Jika memang penyebabnya karena gangguan hormonal akibat KB, biasanya dokter akan memberikan obat penyeimbang hormon untuk memancing menstruasi. Mengenai Menstruasi dan gangguannya dapat dibaca dibawah ini Menstruasi Mewaspadai mentruasi yang tidak normal Semoga membantu ya. Terima kasih.   dr.Yan william

    Mkasih dok atas informasinya ..