Tanya Dokter

  • Efek samping obat profertil

  •  tri.marlina
    Anggota
    Pagi dok sya mau tanya, Sya menikah sekitar 1tahun yg lalu blm dkaruniai ank. Suami sya tugas d luar pulau jdi ketemu tiap 3 bln sekali. Sya pernah periksa k dokterk spog dan sya dnyatakan sehat. Sya kasih obat profertil 4 butir dan santa-e. Profertil saya minum di hari mens ke 5 sesuai saran dokter. Hari ke 2 dan ke 3 setelah mens sya berhubungan dgn suami sebelum suami balik tugas lgi. Akan tetapi setelah 4 hari setelah mens sya keluar fleks coklat sedikit transparan. Keluar fleks jg tidak teratur cm dalam waktu 2 hari dan cm waktu siang sja, setelah itu tdak ada flek lgi. Apa fleks itu karena efek obat profertil ya dok? Sya tidak pernah punya riwayat mens seperti ini, jadwal mens sya selalu teratur tidak pernah mundur. Apa dengan keluar fleks seperti ini masih ada peluang hamil dok? Mohon pejelasan nya. Terima kasoh

    Selamat Pagi Tri,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Profertil mengandung zat aktif Clomiphene citrate yang digunakan untuk menginduksi proses ovulasi wanita. Seperti halnya dengan obat lain, tentunya obat ini memiliki efek samping yang jika tidak sampai mengganggu aktivitas sehari-hari masih dapat diabaikan. Salah satu efek samping dari profertil adalah keluar darah melalui vagina seperti yang Kamu rasakan. Efek samping lainnya dapat berupa:

    • Reaksi alergi, seperti gatal pada kulit
    • Sakit kepala
    • Pandangan kabur
    • Mual muntah

    Peluang terjadinya kehamilan masih ada, namun untuk memastikannya sebaiknya Kamu memeriksakan diri ke Dokter Kandungan ya.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Annes