Tanya Dokter

  • efek samping sustanon bagi penderita skizofrenia

  •  Naz Ri
    Anggota

    Pagi dok,saya skizofrenia dok. Yg ingin saya tanyakan,apakah sustanon dapat membuat orang skizofrenia kambuh?atau hanya memperparah gejalanya saja?sperti depresi. Dan apa saja efek samping sustanon bagi laki-laki?.

    Halo, Sustanon merupakan senyawa testosteron, yang berbentuk obat injeksi. Sustanon digunakan untuk penanganan pasien dengan gangguan hormon testosteron. Berikut keuntungan dalam menggunakan sustanon:

    • Menambah massa tubuh, dengan menambah massa otot namun lemak yang berkurang.
    • Dapat mendukung program pengurangan berat badan dengan cara mengurangi timbunan lemak
    Efek samping sustanon adalah sebagai berikut, diantaranya kelebihan esterogen. Estrogen menjadi hasil dari perubahan testosteron. Esterogen ini dapat menyebabkan pengembangan dada/payudara, dan retensi air. Retensi air ini, yang kemudian dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Berikut kondisi yang sebaiknya tidak menggunakan sustanon:
    • Tekanan darah tinggi
    • Kolesterol tinggi
    • Pasien dengan pembesaran prostat
    Skizofrenia adalah gangguan psikologis dimana penderitanya sulit membedakan hal yang nyata dan tidak nyata. Terdapat beberapa ahli psikiatri yang berpendapat bahwa gangguan skizofrenia berhubungan dengan keseimbangan hormon seks. Hasil dari penelitian terbaru, menunjukkan bahwa estrogen mempunyai efek protektif terhadap skizofrenia. Sustanon kemungkinan tidak memiliki efek yang buruk terhadap skizofrenia, namun efeknya metaboliknya terhadap sistem lainnya perlu diwaspadai. Sebaiknya hanya gunakan terapi hormonal sesuai resep dan petunjuk dari dokter. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha

    Naz Ri  Naz Ri
    Anggota

    Trima kasih dok atas informasinya..