Tanya Dokter

  • Efek skoliosis bagi kehamilan

  •  Nafika
    Anggota
    Dok, sy penderita scoliosis dan skrg sedang hamil usia 6 minggu. Scoliosis sy jenis lumbal, dimana kelengkungannya sdh mencapai 50°. Yang ingin sy tanyakan, - Apakah saat hamil sy masih bisa menjalankan fisio terapi (ultrasound, tens dan microwave) ? - Apakah ada kemungkinan sy bisa melahirkan dg normal ? - Apakah scoliosis bisa menjadi faktor keguguran atau lahir prematur bagi janin sy ? Dan - Bagaimana mengatasi nyeri pinggang, pinggul, dan punggung ketika sy dlm keadaan hamil besar nanti, secara sy ada kelaianan dan berbeda dg ibu2 hamil lainnya ?

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Skoliosis adalah melengkungnya tulang belakang belakang ke arah samping. Gejalanya antara lain salah satu tulang pinggul tampak lebih menonjol, salah satu bahu lebih tinggi, tubuh condong ke satu sisi, dan sering disertai dengan sakit pinggang. Pada kondisi berat dapat menyebabkan kaki kebas atau lemah serta gangguan buang air besar dan kecil. Kehamilan biasanya akan menyebabkan keluhan nyeri pinggang atau nyeri tulang belakang pada penderita skoliosis bertambah. Selain itu, wanita hamil dengan skoliosis memiliki risiko lebih besar untuk mengalami sesak napas. Dari penelitian yang ada, skoliosis tidak meningkatkan risiko seorang wanita hamil untuk mengalami keguguran atau melahirkan prematur. Wanita hami dengan skoliosis juga masih dapat melahirkan normal. Namun, dengan beberapa risiko diantaranya : 

    1. Pada saat mengejan akan lebih sulit dan lebih lama

    2. Terdapat risiko malposisi pada bayi. 

    Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mengetahui metode melahirkan yang paling tepat bagi Anda. Untuk terapi yang sudah Anda lakukan sebelum hamil, lebih baik Ana juga mengonsultasikannya karena tentunya akan Ada penyesuaian dosis dan intensitas dari terapi tersebut. 

    Semoga bermanfaat, 

    Salam, 

    dr.Angga