Tanya Dokter

  • Efek setelah Imunisasi DPT

  •  Riza42
    Anggota

    Selamat malam Dokter,

    Saya Riza dari Banjarmasin,

    Saya mau menanyakan tentang kondisi putri saya yang baru saja di imunisasi paket polio (tetes ke mulut) dan DPT (umur anak saya saat ini 5 bln). 2 hari setelah imunisasi, anak saya batuk berdahak dan berlendir berat, kemudian saya bawa ke Dokter kembali dan diberikan antibiotik. Yang saya ingin tanyakan, Apakah benar Imunisasi Polio dan DPT dapat memicu alergi? (Karena saya ada riwayat alergi dan asma) Dan apakah berikutnya tidak perlu diberikan imunisasi DPT dan Polio? Apakah aman, bayi 5 bulan diberikan antibiotik? Demikian pertanyaan saya, terima kasih.

    Halo,   Semua jenis vaksin bisa menimbulkan alergi namun kasus ini sangat jarang sekali terjadi, dan jenis alergi yang dimaksud adalah alergi terhadap komponen vaksin yang biasa terjadi segera atau dalam jangka waktu beberapa jam setelah penyuntikan. Sangat jarang sekali ditemukan kasus bahwa vaksin memicu asma / alergi lain yang diturunkan dari gen orang tua dan baru timbul 2 hari paska pemberian vaksin. Beberapa efek samping yang sering dan mungkin terjadi paska imunisasi adalah :

    • nyeri di tempat suntikan
    • Kemerahan dan bengkak di tempat suntikan.
    • Demam.
    • Kadang bisa timbul abses di tempat suntikan.
    • Reaksi alergi dari ringan sampai berat.
    • Reaksi neurologis = encephalopati.
    Penyakit yang mengenai anak Anda mungkin sebenarnya telah menginfeksi anak Anda sebelum vaksinasi dilakukan, dan menimbulkan gejala saat setelah vaksin diberikan. Untuk mengetahui kondisi ini sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara seksama dengan dokter anak Anda. Untuk pemberian vaksin berikutnya Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter anak Anda, pemberian imunisasi DPT sangat berperan dalam melindungi anak terhadap penyakit berbahya seperti Difteri, pertusis dan tetanus. Pemberian antibiotik pada bayi 5 bulan dianggap aman asalkan diberikan sesuai indikasi (memang diperlukan antibiotik untuk penanganan penyakitnya) dan diberikan dalam dosis yang sesuai serta lama pemberian yang tepat. Tanyakan secara mendetil mengenai alasan pemberian antibiotik kepada bayi Anda. Namun jika Anda telah terlanjur memberikan obat tersebut kepada bayi Anda maka berikan obat sesuai anjuran dokter dengan lama waktu yang tepat untuk menghindari resistensi obat. Baca artikel Imunisasi, Polio, Difteri dan tetanus. Baca artikel Alergi. Semoga membantu.   dr. Yusi