Tanya Dokter

  • Efek setelah operasi rahim

  •  alexajoni88
    Anggota

    Slamat malam dok.. sy sangat bersyukur kepada Tuhan karna menjumpai situs ini.

    Jadi sudah skitar seminggu berlalu sejak ibu sy operasi angkat rahim karna rahimnya mempunyai Miom sebesar 8cm.

    Syukurlah, operasi berjalan dengan lancar...

    Namun begitu, sejurus setelah operasi terjadi keanehan terhadap mental dan perilaku ibu saya. Di hari pertama, dia berhalunisasi mengatakan bahwa dia melihat saudara dia yg sudah meninggal di rumah sakit. Lalu kami mendapati kelainan di mental dan perilaku.

    Beberapa hari kemudian, kami (saya dan adikku) berkonsultasi kepada dokter juga ttg hal tersebut namun katanya perlu lebih diperhatikan karna setiap org beda efeknya dan jika melihat hasil komunikasi dgn dokter, dokter itu bilang ibu saya ternampak normal.

    Tapi... kita sebagai orang dekatnya (anaknya) yg paling tau bahwa ibu kita sudah tidak sama lagi. Contoh: dia menjadi malas, on-off handphone, melamun (jika hari ini hari senin, dia kira hari sabtu), tidak bisa tidur. Intinya cara dia berpikir dan tingkahnya beda sama logika org normal lakukan.

    Secara terus terang, kami cukup stress karna disamping harus menjaga bapak kami (stroke) + sibuk diaktivitas seharian, lalu dari segi ekonomi, kami pas-pasan aja.

    Jadi sy mohon sharingnya dok... terima kasih

    Hai Adanya gejala halusinasi bisa disebabkan adanya gangguan pada tubuh seperti akibat gangguan pada otak, elektrolit, metabolisme, dll. Selain itu dapat juga disebabkan oleh gangguan pada psikologis akibat dari penyakit seperti skizofrenia, depresi berat, dll. Harus dipastikan dahulu dengan pemeriksaan apakah perubahan perilaku dan halusinasi akibat dari gangguan mental atau dari gangguan fisik. Belum ada data yang mengatakan adanya efek samping dari pengangkatan rahim yang menyebabkan adanya gangguan halusinasi dan perilaku. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke psikiater untuk dilakukan pemeriksaan. Tidak perlu malu untuk memeriksakan ke psikater, karena itu hanya stigma negatif dari masyarakat yang tidak benar. Untuk informasi mengenai gejala skizofrenia dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Gejala skizofrenia. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    alexajoni88  alexajoni88
    Anggota

    Terima kasih Dok, sy sangat menghargai sharing dr pak dokter. Halunisasi pada saat ini sudah tidak ada karna itu cuma terjadi sekali saja pada saat hari pertama setelah operasi. Saat ini, ibu sy sendiri bertanya dan sadar bahwa kenapa yah saya sering lupa lupa setelah operasi. Sampai saat ini sudah 2minggu berlalu sejak operasi... Ada kalanya keanehan di mental/ prilaku dia itu datang dan pergi. Kadang ternampak normal, kadang dia tidak sadar bahwa apa yg dilakukan salah. Barusan saja dia beli oleh oleh buat tetangga yg beragamamuslim sebuah keychain kristen. Tapi ibu sy ini saat ini kalau kami pelan pelan ajak diskusi dan memberitahukan kondisi dia saat ini, dia bisa menerima meskipun kami tidak tau apakah di lubuk hatinya, dia benar benar menerima nasehat dari kami.. Kami kemarin bawa dia ke dokter umum untuk checkup tensi dllnya katanya normal. Namun memang benar kami belum membawanya ke dokter psikiater utk konsultasi. Terima Kasih.

    alexajoni88  alexajoni88
    Anggota

    Dan juga sedikit tambahan pak dok... Sy tadi baca link ttg gejala skizofrenia bahwa salah satu gejalanya ialah menjadi tidak bersosialisasi dan suka mengurung diri dalam rumah... tapi ibu saya malah senang keluar keluar sama teman teman SD nya padahal setelah operasi gak boleh sembarangan kemana mana kan?.. Lalunya dia dulunya yg irit,, sekarang jadi suka shopping (boros). Terima Kasih