Tanya Dokter

  • Efek samping terapi radiasi pada penyakit tumor otak

  •  Farahdiba
    Anggota

    pagi doter.. suami sy menderita penyakit tumor otak stadium 4. akan di terapi radiasi untuk 7 minggu. sy mau tanya, apa efek samping dari terapi radiasi ini dan menurut saudara ipar sy, ia harus makan buah(semisal mangga) sebanyak 5 kilo per hari. apakah suami sy akan se-lemah itu? suami sy seperti orang sehat.masih bisa berkomunikasi, berfikir, berjalan, dan melakukan aktifitas seperti orang sehat.

    Halo, Terapi radiasi merupakan terapi yang dilakukan untuk membantu membunuh sel kanker dengan memanfaatkan energi tertentu, misalnya dari sinar X. Radiasi dapat dilakukan sebelum operasi pengangkatan tumor maupun sesudah operasi. Berikut ini beberapa kegunaan terapi radiasi:

    • menghancurkan sel-sel kanker bersama-sama dengan kemoterapi
    • memperkecil ukuran tumor sebelum operasi
    • menghambat pertumbuhan sel-sel kanker setelah operasi
    • meringankan gejala akibat kanker (untuk stadium lanjut)
    Efek samping yang mungkin timbul akibat terapi radiasi bergantung pada lokasi dilakukannya radiasi. Pada radiasi daerah kepala, dapat timbul efek mulut kering, liur lebih kental, sakit tenggorokan, sariawan, dan kerusakan pada gigi. Efek samping secara umum adalah kelelahan, iritasi kulit di tempat radiasi, dan rambut rontok. Efek ini dapat diminimalkan dengan fokus dan dosis terapi radiasi yang tepat. Efek ini umumnya akan mereda beberapa hari hingga beberapa minggu setelah radiasi usai. Sebaiknya lakukan konsultasi secara intensif kepada dokter bedah saraf/tim dokter yang merawat suami Anda. Dukungan dari keluarga sangat membantu upaya penyembuhan. Tetaplah menjalani pola hidup sehat, mulai dari pola makan yang sehat, mengelola stres, cukup tidur, dan olahraga secara teratur. Artikel terkait: Manfaat radioterapi Semoga bermanfaat, dr.Mira