Tanya Dokter

  • Demam, sesak napas, apakah akibat dari efusi pleura?

  • Dok saya rawat inap di rs queen elizabeth hongkong sudah dr selasa kemaren,saya ada penumpukan cairan diparu2 hari rabu kemaren sudah dilakukan penyedotan,yg saya mau tanyakan kemungkinan besar apakah penyebab sakit saya ini gejala yg saya alami demam,sakit saat tarik nafas,sesak nafas,kalau malam badan pegel2,mudah lelah,nafas pendek,tidak ada batuk sama sekali kemaren tes dahak juga darah hasilnya okey dok,jd kira2 apa penyebabnya efusi pleura saya ini?trima kasih jawabnya dok

    Hai Bunda Rasyid Al Rahadatul'aisy. Terima kasih atsa pertanyaan anda. 

    Efusi pleura adalah kondisi yang ditandai oleh penumpukan cairan di antara dua lapisan pleura (membran yang memisahkan paru-paru dengan dinding dada bagian dalam).

    Efusi pleura dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti :

    Untuk mengetahui penyebab efusi pleura perlu dilakukan pemeriksaan mulai dari menanyakan seputar keluhan, melakukan pemeriksaan fisik sampai pemeriksaan penunjang. Jika anda memang di rawat di rumah sakit berarti dokter anda lebih mengetahui penyebab keluhan anda. untuk itu sebaiknya anda berdiskusi dengan dokter yang merawat anda mengenai pemeriksaan yang telah dilakukan dan hasil dari pemeriksaan yang telah anda lakukan.

    Semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Dian