Tanya Dokter

  • Pengobatan efusi pleura

  •  Padly Junior
    Anggota
    apakah epusi pleura 100 persen di akibatkan oleh penyakit TBC. sebab setelah oprasi pngeluran cairan di suruh konsul dgn dokter penyakit dalam dan dokter penyakit dalam menyuruh untuk cek BTA dahak. setelah di cek hasilnya negatif. nomun dokter penyakit dalam tersebut tetap menyuruh untuk minum obat 6 bulan. saat saya baca ciri2 dari sakit TBC yg batuk lebih dari 3 minggu. kmudian keringat malam. nafsu makan bwrkurang. tidak ada pada saya ciri2 tersebut. karna habis opraso berat badan saya bertambah. dan dari oprasi bahkan sebelum oprasi saya tidak batuk batuk.

    Halo Padly........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, efusi pleura merupakan salah satu keadaan gangguan kesehatan dimana ditandai dengan munculnya Tumpukan cairan diantara dua lapisan pleura ( membran yang memisahkan paru-paru dengan dinding dada bagian dalam ).

    Efusi pleura dapat disebabkan oleh karena berbagai macam hal, diantaranya adalah : tuberkulosis atau TBC, kanker paru-paru, pneumonia === peradangan pada paru-paru, emboli paru, penyakit Lupus, reumatoid artritis, penyakit ginjal, sirosis, dan lain sebagainya.

    Pada dasarnya mendiagnosa suatu penyakit tidak hanya dengan satu pemeriksaan Penunjang saja, akan tetapi harus disertai dengan wawancara, pemeriksaan fisik, rontgen dada, dan lain sebagainya.

    Oleh karena itu, kami tetap menyarankan kepada Anda untuk terus mengikuti saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui, sehingga proses Penyembuhan dapat berjalan dengan baik.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati