Tanya Dokter

  • Ciri-ciri pria alami ejakulasi dini

  • Dok mau tnya nih ..kalau berhubungan cman sampai 5menit aja wajar ga si dok atau msh dinamakan ejakulasi dini ..dan kira"5menit doang itu bisa hamil ga
    Ade Putra Ramdani  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Ade Putra,

    Pembuahan dapat terjadi ketika sel telur dibuahi oleh sel sperma jadi jika melakukan hubungan intim dan terjadi ejakulasi yang membuat sel sperma masuk ke organ kewanitaan wanita maka kemungkinan untuk hamil adalah bisa tanpa memandang berapa lama hubungan intim berlangsung.

    Ejakulasi dini sendiri adalah adalah ejakulasi yang terjadi terlalu cepat ketika hubungan seksual. Sebuah penelitian menyebutkan rata-rata pria mencapai ejakulasi setelah berhubungan selama 5 setengah menit tetapi kembali pada masing-masing pasangan apakah sudah puas dengan hubungan intim tanpa menilai berapa lama hubungan seksual itu berlangsung. Jika setiap kali berhubungan merasa terjadi ejakulasi terlalu dini maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk diberikan penanganan.

    Penyebabnya sendiri beragam dimana faktor psikologis berpengaruh, seperti cemas, stres, depresi ataupun juga karena masalah fisik seperti gangguan prostat dan tiroid. Ada yang mengatakan terlalu banyak bermasturbasi menjadi penyebabnya, hal ini dikarenakan saat bermasturbasi ingin cepat mencapai ejakulasi sehingga saat berhubungan intim sebenarnya juga membuat psikis ingin cepat ejakulasi.

    Penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kondom tebal saat berhubungan untuk menurunkan sensitivitas penis, melakukan beberapa teknik untuk menghindari ejakulai dini seperti teknik pernapasan atau teknik on dan off. Jika dirasa masih sering mengalami ejakulasi dini periksakan diri pada dokter untuk mencari tahu permasalahannya dan diberikan penanganan baik berupa obat ataupun terapi.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.