Tanya Dokter

  • eksim sejak lahir

  •  toto s
    Anggota

    salam dok.. saya pria berusia 38 tahun dan mengidap penyakit eksim... apa benar eksim tidak bisa sembuh total.. karena pernah sembuh tapi kambuh lgi..terus obat apa yang cocok..atas jawabannya terimakasih dok..

    Halo,   Ya, Eksim bisa dikontrol namun pada dasarnya penyakit ini tidak bisa dihilangkan 100 %, namun penderita eksim bisa hidup normal dengan kulit yang sehat asalkan diatasi dengan baik dan benar. Eksim / dermatitis merupakan kondisi peradangan pada kulit. Biasanya penyebab utamanya adalah alergi terhadap zat tertentu yang akhirnya menimbulkan gangguan pada kulit seperti rasa gatal dan bintik berair pada lokasi tubuh tertentu. Untuk mengontrol dermatitis tersebut maka Anda perlu mengetahui dengan jelas sumber penyebab alergi Anda. Cara yang bisa ditempuh bagi Anda untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik dan tes medis seperti tes alergi yang berupa tes pin prick atau tes tusuk kulit, beberapa tes lain juga tersedia seperti RAST dll yang memerlukan bantuan dokter dalam pemeriksaannya. Dengan mengetahui sumber alergi Anda maka Anda bisa mencegah kontak terhadap penyebab alergi sehingga akan meminimalisir kondisi eksim pada kulit Anda. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol dermatitis ini antara lain adalah :

    1. Mengoleskan pelembab hipoalergenik pada kulit yang sering kambuhan setiap habis mandi.
    2. Mandi dengan air suam kuku/ dingin dan menggunakan sabun yang sesuai jenis kulit.
    3. Hindari menggosok, menggaruk bagian yang gatal terlalu kuat.
    4. Jika gejala eksim mulai timbul Anda bisa meminum obat pereda gatal seperti antihistamin dan obat topikal oles pada tempat yang gatal untuk segera meredakan eksim sebelum memburuk.
    5. Menghindari kontak dengan alergen.
    6. Makan gizi seimbang.
    7. Rajin membersihkan amar dari debu dan bahan berbulu lainnya.
    8. membersihkan tirai, sprei, selimut dll minimal 5-6 hari sekali.
    Baca topik Eksim. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi