Tanya Dokter

  • Pengertian Kontrasepsi darurat

  • Pagi dok :)

    dok saya ingin menceritakan masalah teman saya, karena saya bingung untuk menjawabnya.

    Temen saya mempunyai suami pelaut, dia jarang pulang. tetapi ketika pulang dia slalu meminta berhubungan selama 1 minggu dan tidak ingin menggunakan kondom. dan dia menanyakan bagaimana cara menggunakan postinor 2?

    sedangkan yang saya tau, postinor-2 adalah emergency contraseption yang diminum tidak lebih dari 72 jam setelah berhubungan. apakah jika sang suami meminta berhubungan selama seminggu, dia harus meminum obat tersebut selama seminggu non stop?

    Halo,   Kontrasepsi darurat seperti namanya hanya diperuntukan untuk kasus darurat yang tidak terus menerus terjadi secara kontinu. Indikasi penggunaan kontrasepsi darurat ini adalah :

    1. Kondom bocor
    2. lupa minum pil KB
    3. Lupa masa subur
    4. Diafragma lepas, rusak atau bocor
    5. Kasus perkosaan
    6. dll
    Kasus teman Anda yang memiliki suami jarang pulang memang bisa menggunakan kontrasepsi darurat namun jika hubungan seks terjadi hanya sekali atau 1-2 hari. Jika hubungan seks terjadi selama seminggu penuh maka sarankan penggunaan metode kontrasepsi lain pada teman Anda yang lebih efektif seperti Kb suntik 3 bulanan atau IUD. Kontrasepsi darurat tidak boleh diminum terus menerus karena mengandung hormonal dosis tinggi yang bisa membahayakan bagi tubuh. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi