Tanya Dokter

  • endometriosis dan terapi obat hormon

  •  Anita Tmi
    Anggota

    Dok, saya sdh 8 th mjd single parent dg 1 anak. Umur saya 41 th. Dokter pernah mengatakan kalau saya mengalami endrometriosis & pernah terapi obat hormon. Tetapi mens saya msh byk ketika 1-2 hr. Trs hari berikutnya cm sedikit & kdg flex aja. Tp berlangsung 7-10 hr. Apakah msh normal ? Apakah tdk apa2 ? Trimakasih, dok.

    Hai, Menstruasi yang dialami oleh wanita pada umumnya berlangsung selama 2-7 hari, dengan volume darah rata-rata 40 mm. Volume darah menstruasi terbanyak biasanya terjadi pada hari pertama dan kedua. Menstruasi yang berlangsung selama lebih dari 10 hari dengan volume yang banyak dalam dunia medis digolongkan masuk ke dalam 'menorrhagia' yang berarti volume darah yang berlebihan saat menstruasi. Menorrhagia dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti :

    1. ketidak seimbangan hormon
    2. fibroid pada uterus (rahim)
    3. penyakit radang panggul
    4. penggunaan obat-obatan pengencer darah
    5. penggunaan IUD (spiral) dan KB
    6. polip pada uterus (rahim)
    7. dan lainnya
    Menstruasi yang dialami wanita kadang berubah-ubah dan belum tentu disebabkan oleh suatu masalah kesehatan. Namun, sebaiknya tetap lakukan kontrol dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan (obgyn) Anda untuk masalah tersebut, terutama jika memiliki riwayat masalah pada organ reproduksi wanita sebelumnya seperti endometriosis. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan lain yang diperlukan seperti cek darah dan USG. Penanganan akan disesuaikan dengan apa yang ditemukan menjadi penyebab dari keluhan yang Anda alami. Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari

    Anita Tmi  Anita Tmi
    Anggota

    Mksh byk, dok