Tanya Dokter

  • Apakah endometriosis bisa hilang dengan sendirinya seiring pertambahan usia?

  •  Anita Tmi
    Anggota

    Dok, jika endometriosis dibiarkan, jika tdk merasa ada gangguan yg berarti, apakah tdk apa2 ? Apakah bisa hilang sendiri dg bertambahnya usia ? Trimakasih.

    Anita Tmi  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Kemungkinan endometriosis menghilang dengan sendiri nya tergolong kecil, karena setiap wanita mengalami siklus perubahan hormonal yang terus mengaktivasi jaringan-jaringan endometrium setiap bulannya, maka jika dibiarkan terus menerus dapat menyebakan endometriosis bertambah parah dan menimbulkan komplikasi. Kecuali jika endometriosis terjadi saat usia menjelang menopause, maka pada saat menopause secara otomatis jaringan endometrium tidak aktif dan tidak menimbulkan masalah. Endometriosis adalah pertumbuhan sel-sel dan jaringan endometrium (rahim) di luar rahim. Bisa terjadi di ovarium, saluran tuba fallopi, rongga perut atau bahkan organ lainnya. Meskipun tidak terletak di rahim, namun jaringan endometrium yang abnormal ini tetap mengalami siklus bulanan berupa penebalan jaringan kemudian luruh dan berdarah. Jika siklus tersebut terjadi di luar rahim, maka darah dan jaringan yang luruh tersebut akan mengiritasi dan dianggap sebagai zat asing, sehingga akan menyebabkan timbulnya peradangan, yang kemudian menjadi jaringan parut dan atau perlekatan. Faktor resiko terjadinya endometriosis adalah pada wanita yang belum pernah hamil, terdapat riwayat endometriosis pada keluarga, memiliki kelainan rahim, riwayat infeksi panggul, dan pada kondisi medis yang menyebabkan terhambatnya aliran keluar darah menstruasi melalui vagina. Gejala pada endometriosis dapat berupa :

    • nyeri menstruasi (dysmenorea) , nyeri terjadi pada beberapa hari awal menstruasi, terasa sangat menyakitkan dan bahkan cenderung terus bertambah sakit.
    • nyeri saat berhubungan seksual
    • nyeri saat BAB atau BAK pada saat periode menstruasi
    • infertilitas atau tidak dapat hamil. Biasanya pada pasien yang tidak merasakan gejala, mereka terdeteksi saat ingin hamil dan memeriksa diri ke dokter akibat lama menikah tapi tidak dapat hamil.
    • perdarahan menstruasi tidak normal, bisa berupa perdarahan saat menstruasi sangat banyak atau keluar perdarahan diluar saat menstruasi.
    Untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan penunjang berupa USG dan laparoskopi untuk melihat pertumbuhan jaringan endometrium di luar rahim dan mengambil jaringan untuk sampel biopsi, agar dapat dipastikan betul jaringan endometrium. Endometriosis sebaiknya segera ditangani, karena jika dibiarkan dapat timbul komplikasi seperti ketidaksuburan (infertilitas), perlengketan pada rahim, saluran tuba fallopi ataupun ovarium, serta meninggikan resiko terjadinya kanker ovarium di kemudian hari nya. Pengobatan dapat dilakukan dengan medikamentosa ataupun operasi. prinsip pengobatan pada endometriosis adalah untuk menghentikan periode menstruasi agar jaringan endometriosis tidak terus aktif dan bertambah. dapat digunakan terapi hormonal seperti pil kb, estrogen, progesteron, dll. Jika dengan pengobatan tidak efektif dapat dilakukan tindakan operasi untuk mengangkat jaringan endomterium tersebut. maka sebaiknya endometriosis yang anda alami segera di tangani agar tidak berlanjut menjadi komplikasi yang lebih berat. Artikel lebihlengkap mengenai endometriosis