Tanya Dokter

  • Olahraga untuk penderita endometriosis

  • Pagi dok... Sy ibu RT umur 40th dgn anak 1. Sy penderita emdometriosis simplex. Yg sy mau tanyakan, olah raga yg seperti apa yg boleh sy lakukan? Bolehkan sy RPM (sepeda statis) di gym? Tq.

    Halo ,   Tidak ada pantangan atau jenis olahraga khusus yang perlu dihindari/ dilakukan pada penderita endometriosis. Jadi Ya, Anda boleh melakukan olahraga sepeda statis, jalan, treadmill dll di gym. Bahkan menurut beberapa ahli melakukan olahraga teratur bisa membantu mengurangi keluhan nyeri perut yang terjadi saat menstruasi akibat endometriosis. Endometriosis adalah suatu kondisi dimana jaringan dinding rahim yang normalnya tumbuh di dalam rahim , sekarang bertumbuh di luar rahim. Yang paling sering terjadi didaerah ovarium dan dinding panggul bawah sehingga sering menimbulkan keluhan nyeri yang kuat saat menstruasi. Kondisi ini bisa diobati dengan beberapa jenis pengobatan yakni :

    1. Obat penghilang nyeri
    2. Terapi hormon
    3. Operasi
    4. Histerektomi
    Jenis pengobatan akan disesuaikan dengan keparahan gejala endometriosis Anda. Selain itu beberapa metode sederhana seperti melakukan kompres hangat di perut, Menempelkan koyo dan olahraga teratur bisa membantu menghilangkan gejala/ keluhan nyeri. Baca artikel mengenai Endometriosis. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi