Tanya Dokter

  • Epilepsi bisa kambuh lagi?

  •  Putri Wahyuni
    Anggota

    Hai dok!

    Saya pernah terkena penyakit epilepsi saat saya masih kecil. Kini, saya baru ingin mengetahui apa penyebab epilepsi? Apakah penyakit itu bisa kembali lagi? Dan juga, saya pernah melihat-lihat kertas 'hasil tesnya' yang berupa garis-garis, dan ada beberapa bagian yang dilingkari dan ditandai oleh dokter, apa maksud penandaan itu?

    Oh ya, di kertas-kertas itu ada juga gambar bulat-bulat (seperti kepala manusia) yang didalamnya diberi penomoran. Kalau bisa, mohon dijelaskan juga nomor apa itu.

     

    Maaf, pertanyaannya agak banyak. Saya sangat ingin tahu.

    Terima kasih.

    Putri Wahyuni  Putri Wahyuni
    Anggota

    Oh ya, satu lagi. Mengapa obatnya sangat banyak (Sebotol besar penuh dan harus dihabiskan).

    Halo,   Anda bisa mendiskusikan hasil pemeriksaan secra langsung kepada dokter agar tidak terjadi kesalahpahaman. Namun hasil tes yang berupa gatis garis yang Anda maksud mungkin adalah pemeriksaan EEG ( ElektroEncephaloGram) yang digunakan untuk mengukur aktivitas listrik otak yang selama ini dijadikan sebagai penyebab terjadinya gangguan epilepsi. Pada EEG garis tersebut menandakan aktivitas listrik pada otak Anda, untuk maslah pelingkaran yang dilakukan pada garis tersebut bisa jadi dikarenakan adanya gangguan pada aktivitas listri otak Anda, namun pemastian akan diperlukan dengan memperlihatkan langsung bagian kertas tersebut kepada dokter. Sementara lingkaran seperti kepala yang diberi nomor mungkin adalah elektroda yang ditempelkan kepada kepala Anda. Elektroda ini yang berfungsi menghantarkan gerakan aktivitas listrik otak Anda dan akhirnya terekam dalam kertas tersebut. Epilepsi adalah gangguan aktivitas listrik abnormal sehingga menyebabkan gangguan kejang pada penderita. Penanganan yang diberikan akan tergantung dari penyebab dan jenis epilepsi Anda. Pengobatan epilepsi perlu dilakukan secara kontinu sampai tidak timbul gejala selama +/- 2 tahun. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Putri Wahyuni  Zevproeth
    Anggota

    Siang Bu dokter. Bu saya waktu 1 bulan yg lalu epilepsi saya kambuh lagi dan pingsan. waktu berobat di daerah jatibarang-indramayu saya dikasih obat Luminal, Ikalep, dan Ikaphen. dosisnya 2x sehari tp saya tidak teratur minumnya sehingga pingsan lagi. kemudian saya berobat ke cirebon dan melakukan eeg. trus dikasih obat yg sama tp kata dokter tsb dosisnya dinaikan jadi 3 x 1 hari. nah pertanyaan saya apakah bisa bahaya dosisnya bagi tubuh saya atau tidak. terima kasih bu dokter

    Assalamualaikum mba putri wahyuni.. Saya mau tanya, skrng mba berumur brp? pada umur berapa terkena penyakit epilepsi? Dan pengobatan apa saja yang dilakukan sehingga mba sembuh dari penyakit itu? Maaf kalau saya banyak tanya. Karena anak saya skrng berumur 3 tahun dan divonis dokter terkena penyakit epilepsi. Saya sempat syok mendengar itu, Saya ingin anak saya kembali sehat seperti dulu mba, tolong jawab prtanyaan saya mba.. Terima kasih..

    Putri Wahyuni  Sugiarto
    Anggota

    Maaf dokter,, saya juga mau konsultasi tentang penyakit ini. saya juga penderita epilepsi menahun Dok.... jika minum obat dari dokter spesialis syaraf saya, saya tidak kambuh... akan tetapi jika tidak meminumnya kambuh... dan kejang dalam 1 bari bisa 3-5 x. apakah penyakit ini (Epilapsi) bisa di sembuhkan ya dok...?? +/- 20 th dok penyakit saya tidak kunjung sembuh... mohon solusinya dok.