Tanya Dokter

  • epilepsi selama 5 tahun

  • Dok,

    Saya mau tanya saya penderita epilepsi sudah hampir 5 tahun. Kemarin saya baru saja kambuh tapi kenapa ya tanqan & badan saya biru2 seperti memar?

    Mohon info nya donq Dok!!! Trima Kasih.

    Hai Clandy Memar pada kulit pada penderita epilepsi kemungkinan disebabkan oleh:

    • Akibat cedera terbentur yang tidak terasa saat terjadi serangan kejang atau kondisi kejang yang terlalu kuat sehingga menyebabkan memar tanpa adanya benturan
    • Penurunan kadar trombosit darah akibat obat-obatan anti kejang misal asam valproat. Trombosit adalah bagian dari sel darah yang berfungsi untuk pembekuan darah, bila menurun dapat menyebabkan memar pada kulit serta gejala lain seperti gusi berdarah, mimisan, dsb. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan kadar trombosit darah.
    • Memar akibat lain yang tidak berhubungan dengan epilepsi, misal purpura simplex (masyarakat menyebutnya dijilat setan), kerusakan pembuluh darah dibawah kulit, dsb.
    Untuk memastikannya sebaiknya Anda memeriksakan pada dokter. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Epilepsi. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william