Tanya Dokter

  • cara mengobati epilepsi pada anak

  • Mlam dok....sya mau brtanya skaligus crita.ank sya dri usia 3 bln suka kjang" trus sya brobat.dokter blg pnyakit epilepsi....bgai mna cra mngobati nya dok???skrg brusia 8bln krang.minta bantuan nya ya dokter....trima ksih sblum nya.

    Hai, Pada susunan saraf pusat / otak manusia, terdapat banyak sel-sel saraf. Untuk mengatur tubuh kita, sel-sel saraf ini saling berkomunikasi satu sama lain melalui impuls. Apabila penghantaran pesan / impuls antara sel-sel otak ini terganggu maka akan terjadi kekacauan pad otak sehingga terjadilah epilepsi. Penyakit epilepsi dapat terjadi pada usia berapa saja, namun umumnya memang terdeteksi saat anak-anak. Sampai dengan saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit epilepsi. Namun, saat ini telah banyak ditemukan obat anti epilepsi (OAE). OAE tidak menyembuhkan epilepsi, namun dapat mengontrol kejang pada penderita epilepsi, dan mencegah terjadinya komplikasi akibat epilepsi. Dengan konsumsi OAE secara teratur, frekuensi kejang yang dialami biasanya makin menurun, bahkan bisa bebas kejang bertahun-tahun. Untuk mendapatkan OAE yang sesuai diperlukan konsultasi dengan dokter spesialis saraf anak. Dalam memberikan OAE, dokter biasanya akan menyesuaikan dengan umur, gejala dan tingkat keparahan epilepsi yang diderita. Selain konsumsi OAE berikut merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua dengan anak yang menderita epilepsi :

    1. ajarkan anak mengenai penyakitnya
    2. selalu dukung dan jangan biarkan anak merasa berkecil hati karena merasa 'berbeda'
    3. buatkan jadwal yang teratur untuk meminum OAE
    4. jika anak sudah sekolah, beritahukan kepada pihak sekolah / guru mengenai penyakit anak anda, agar pertolongan bisa cepat diberikan apabila diperlukan
    5. jangan biarkan anak berenang sendirian, karena adanya resiko kejang saat berenang hingga dapat tenggelam
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.