Tanya Dokter

  • Konsumsi obat epilepsi pada bayi

  •  Agulla
    Anggota
    Dokter saya punya anak divonis epilepsi pada usia 4 bln,pada saat itu kejang kejang shg hrs dirawat. Hasil scan otak bagus, hsl EEG juga bagus, cuma ada tidak normal pada hsl tes darah. Kmudian ksimpulan dokter ini epilepsi...!? Anak sy skrg harus konsumsi obat valproic acid, skrg sdh usia 8 bln berarti sudah jalan 4 bln! Dan kata dokter anak saya hrs mengkonsumsi obat tersebut selama 2 tahun dan hrs kontrol rutin. Dokter.. yg saya mau tanyakan 1. Apakah penanganan dokter kami ini sudah benar???? 2. Anak saya masih balita konsumsi obat tersebut selama itu apa tidak berbahaya efeknya??? 3. Dokter mungkin ada saran dan referensi untuk pengobatan anak saya.... ???? Demikian terima kasih.

    Selamat Siang Ibu,

    Terima kasih sudah bertanya di alodokter.

    Epilepsi merupakan kondisi seseorang mengalami kejang berulang yang umumnya tidak diketahui penyebabnya. Di dalam otak manusia terdapat sel-sel saraf yang merupakan bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan menggunakan impuls listrik. Pada kasus epilepsi, kejang terjadi ketika impuls listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga menyebabkan perilaku atau gerakan tubuh yang tidak terkendali. Hingga saat ini, pengobatan ataupun merode penanganan epilepsi belum ada yang mampu menyembuhkan kondisi ini sepenuhnya. Untuk mendiagnosis atau menentukan apakah seseorang menderita epilepsi, Dokter akan melakukan serangakan pemeriksaan termasuk anamnesis (wawancara Dokter-Orang tua pasien), pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang seperti MRI, EEG. Apabila Ibu masih ragu dengan diagnosis ini, maka tidak ada salahnya jika Ibu meminta second opinion atau meminta pendapat Dokter Spesialis Anak Konsultan Saraf lainnya yang ada di kota tempat tinggal Ibu. 

    Di dunia medis dikenal istilah risk and benefit yang artinya setiap pengobatan ataupun tindakan yang dilakukan kepada pasien akan mempertimbangkan peluang risiko yang muncul (misal efek samping obat) dengan besar manfaat yang akan diperoleh. Tentunya sebelum meresepkan obat-obat anti epilepsi tersebut Dokter yang menanganai anak Ibu telah mempertimbangkan hal tersebut. Asam Valproat merupakan obat yang digunakan untuk menangani kejang. Dosis asam valproat sangat bergantung pada kondisi pasien, berat badan, usia, serta respons tubuh pasien terhadap obat ini. Seperti halnya dengan obat lain, oabt ini juga memiliki peluang timbulnya efek samping seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, mengantuk, gangguan fungsi hati, oleh karena itulah pemberian obat ini harus diawasi oleh Dokter dan jika Ibu merasa anak Ibu mengalami efek samping, segera laporkan ke Dokter yang merawat.

    Artikel berikut dapat menambah wawasan Ibu:

    Cara Menghadapi Epilepsi pada Anak

    Sekian semoga bermanfaat,

    dr. Annes