Tanya Dokter

  • Masa penyembuhan post traumatic epilepsy (PTE)

  •  williem1996
    Anggota

    halo dokter,

    diagnosa sementara seblum hasil mri keluar bahwa ayah saya terkena PTE kareana brain injury pasca kecelakaan 5 bulan lalu, kira kira cara penyembuhan dan butuh berapa lama pemulihan?atau ada saran halhal apa saja yang bisa dapat membantu pemulihan?

    terimakasih

    warm regard 

    Halo Williem, 

    Post traumatic epilepsy (PTE) adalah kejang berulang yang disebabkan karena cedera pada otak. PTE termasuk dalam PTS (post traumatic seizure) atau kejang pasca cedera. PTS adalah istilah yang lebih luas, mencakup semua jenis kejang setelah cedera. PTE merupakan PTS yang terjadi berulang setidaknya satu minggu setelah cedera otak. Cedera bisa karena kecelakaan ataupun karena operasi pada otak. Pasien di bawah usia 5 tahun dan di atas 5 tahun serta orang yang memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol lebih rentan terkena PTE. Selain itu faktor lain diantaranya adalah cedera yang parah, luka tembus pada kepala, perdarahan intrakranial, patah tulang tengkorak, koma lebih dari 24 jam, PTS yang terjadi lebih awal setelah kecelakaan, dan terdapat abnormalitas pada pemeriksaan radiologi/EEG setelah cedera lebih rentan terkena PTE. 

    Jika terjadi PTS, akan dilakukan pemeriksaan menyeluruh, baik MRI, EEG otak hingga pemeriksaan darah jika diperlukan. Karena selain dari otak, banyak hal yang dapat menyebabkan kejang misalnya kelainan elektrolit. 

    PTE biasanya ditangani dengan pemberian obat antiepilepsi selama jangka waktu tertentu, biasanya hingga 2 tahun bebas kejang. Tetapi perlu dievaluasi apakah yang menyebabkan kejang tersebut. Jika ada abnormalitas pada MRI, CT scan atau pemeriksaan lain dan kemungkinan bertahan/permanen maka kemungkinan besar kejang dapat berulang setelah penghentian obat. Dokter bedah saraf juga bisa mempertimbangkan operasi jika memungkinkan. 

    Sebaiknya Anda menanyakan pada dokter ayah Anda mengenai hal ini karena beliau paling mengetahui kondisi ayah Anda setelah memeriksa secara langsung. Dokter ayah Anda akan menentukan penanganan yang paling tepat untuk ayah Anda dan melakukan yang terbaik. 

    Salam, 

    dr. Mega