Tanya Dokter

  • Pemberian ikalep meski epilepsi post trauma sudah dinyatakan normal

  • Dok saya septi 3 bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan dan di diagnosa menderita epilepsi post trauma. Kemarin saya melakukan eeg dan hasil nya normal. Yang saya tanyakan kenapa saya masih di beri ikalep?

    Halo Septi, Epilepsi sesudah kecelakaan memerlukan pengobatan dengan pemantauan ketat secara berkala oleh dokter ahli saraf. Epilepsi pascatrauma merupakan gangguan kejang yang terjadi setelah trauma di kepala. Pemeriksaan awal yang dilakukan pada keadaan tersebut adalah CT scan atau MRI kepala untuk menyingkirkan adanya perdarahan di otak, pemeriksaan laboratorium misalnya hiponatremia(rendahnya kadar natrium darah), dan EEG(elektroensefalografi). EEG merupakan pemeriksaan diagnostik untuk memantau aktivitas listrik di otak, terutama mengetahui fokus-fokus di otak yang dapat menyebabkan kejang serta membantu menentukan tingkat keparahan epilepsi. Ikalep(asam valproat) merupakan salah satu obat antikejang yang diberikan dengan dosis tertentu sambil dinaikkan perlahan-lahan untuk mencapai dosis yang optimal. Obat ini dapat diberikan dalam jangka panjang untuk mencegah serangan epilepsi berulang, bergantung penilaian dokter. Proses penghentian obat ini dilakukan secara bertahap dan harus dilakukan di bawah pengawasan dokter. Dalam memberikan pengobatan, dokter tidak hanya memandang hasil EEG saja tetapi juga berdasarkan riwayat penyakit, respons pengobatan(misalnya berapa lama bebas serangan), pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda mengenai hal tersebut. Artikel ini dapat membantu: Asam valproat Epilepsi Semoga bermanfaat ya, dr.Miranti Iskandar  

    Saya dulu sehabis kecelakaan juga pernah melakukan ct scan dan hasil ct scan menunjukan kalau odema cerebri di otak saya sudah bersih. Yang saya tanyakan apakah ada efek samping nya jika saya berhenti mengkonsumsi obat dari dokter saraf saya yaitu ikalep ctm cinnarizine asam folat mecobalamin dan metil prednisolone?