Tanya Dokter

  • Cara mengatasi ereksi yang disertai keluarnya cairan bening dan kental

  •  Morgan Leo
    Anggota
    siang dok, umur saya 17 tahun. saya ingin bertanya dok, mengapa ketika saya ereksi lalu tiba tiba sering keluar cairah bening dan kental dok ? apakah itu normal ? dan bagaimana cara mengatasinya dok ?. terima kasih

    Dear Morgan,

    Cairan tersebut bisa merupakan cairan sperma. Cairan ini dapat keluar dari penis tanpa ereksi sebelumnya yang dinamakan emesis nokturnal. Bila cairan ini keluar saat tidur dengan disertai mimpi erotis maka disebut mimpi basah. Emesis nokturnal dapat berupa cairan sperma yang tidak mengandung sel sperma yang merupakan cairan yang dihasilkan kelenjar yang berada di belakang urethra. Emesis nokturnal terjadi ketika tidur fase REM. Cairan sperma yang keluar tersebut terdorong oleh tekanan ketika mengedan atau ketika buang air kecil.

    Emesis nokturnal dapat terjadi secara normal beberapa minggu sekali. Bila terjadi lebih sering, dapat mengindikasikan adanya gangguan tertentu. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi (Sp.U). Dokter akan menelisik gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik. Tes penunjang seperti tes darah, tes urine, USG dapat dokter anjurkan. Terapi yang tepat akan dokter berikan.

    Selain nokturnal emesis, gejala itu bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual terutama bila disertai nyeri saat buang air kecil. Penyakit seperti gonore, klamidia, trikomoniasis dapat menyebabkan keluarnya cairan dari penis.

    Anjuran yang dapat Anda lakukan:

    • hindari berganti-ganti pasangan seks
    • jaga kebersihan organ intim
    • miliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas
    • atasi stres dengan bijak


    Semoga bermanfaat dan salam,

    dr. Rony Wijaya