Tanya Dokter

  • Cara menagtasi disfungsi ereksi

  • Sore dok. Dok,kami baru menikah 2 bulan yang lalu,umur saya 32 dan istri 26,sebutlah kami ini pengantin baru,dlm perjalanan hidup saya sebelum menikah tidak pernah mengenal dunia sexual dengan perempuan manapun. Ketika kami mulai berhubungan badan penis saya sudah berereksi/tegang sangat,akan tetapi ketika saya mulai memasukan penis ke miss v dan beberapa kali keluar masuk dan sebelum ejakulasi kok sudah tidak ereksi/lemes ya dok? Hal ini terjadi setiap kali saya mau menggauli istri. Sebagai catatan;sebelum saya mulai memasukkan penis,kami melakukan pemanasan/rangsangan. Mohon jawaban serta penjelasannya. Terima kasih. Semoga dokter diberi kesehatan selalu. Aamiin...

    SAlam,

    Dari info yang Anda sampaikan, keluhan ini kemungkinan merupakan suatu disfungsi ereksi. Sebagian besar pemicu keluhan ini adalah kondisi psikologis yang menyertai pasien, baik karena stres, cemas, khawatir, tidak nyaman, bingung, atau menghadi beberapa masalah/beban pikiran yang menyertai. Adanya faktor psikologis ini perlu dilakukan evaluasi dan identifikasi terhadap diri Anda sendiri, apa benar secara tidak sadar Anda memiliki gangguan psikologis yang Anda rasakan, sehingga kemungkinan mempengaruhi hubungan seks Anda.

    Beberapa kondisi di bawah ini juga dapat memicu keluhan disfungsi ereksi, seperti:

    1. kelelahan fisik

    2. kurang tidur

    3. kurangnya rangsangan seksual yang dirasakan, seperti hubungan seksual yang monoton, atau keinginan melakukan hubungan seksual dengan posisi tertentu yang tidak terpenuhi

    4. gangguan pembuluh darah pada penis

    5. gangguan saraf 

    6. gangguan metabolisme, seperti kencing manis

    7. rokok atau penggunaan obat-oabatan

    Bila keluhan ini masih mengganggu, atau semakin membuat Anda cemas, maka diskusikan lah dengan istri Anda, sehingga Anda tidak merasa khawatir atau merasa bersalah, dengan komunikasi yang terbuka, keluhan ini dapat juga diatasi. Selain itu, konsulkan dengan dokter ahli seksologi untuk pemeriksaan dan evaluasi terkait keluhan ini. Dokter akan memastikan peneyebab keluhan yang Anda rasakan dan bila diperlukan, pemeriksaan penunjang akan dilakukan untuk mendukung diagnosa, seperti pemeriksaan darah.

    Pengobatan atau perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah menghindari stres dan cemas, serta tingkatkan kepercayaan diri Anda. Lakukan olah raga teratur dan hindari tidur larut malam.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga gangguan ereksi.

    dr. Ulfi