Tanya Dokter

  • Tentang penggunaan face oil

  • Halo Dok, saat ini saya sedang pakai toner yg memiliki kandungan aha dan bha denga kadar rendah. Dan saya juga memakai pelembab dan obat oles jerawat (seb*med). Namun, tidak ada perubahan signifikan selama 3 bulan. Saya punya rencana untuk menggunakan face oil semacam argan oil atau tea tree oil l. Tapi saya tetap ingin menggunakan toner aha bha saya. Apakah aman layering skincare aha bha lanjut argan oil dan tea tree oil? Terimakasih.

    Hallo

    Terimakasih sudah bertanya dengan alodokter

    AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) adalah senyawa asam yang termasuk efektif untuk eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Tiap harinya, tubuh memroduksi sel kulit baru untuk mengganti sel kulit lama. Sel kulit mati ini kadang tidak dapat terlepas sempurna dan masih menempel pada kulit. Ini sebabnya Anda butuh eksfoliasi menggunakan senyawa kimia tertentu untuk membantu pengelupasannya.

    AHA dan BHA juga berbeda dalam penanganan masalah kulit. Selain membantu pelepasan sel kulit mati, AHA juga terbukti bagus dalam meningkatkan ketebalan kulit, memperbaiki tingkat kolagen, dan menjaga kelembapan kulit. BHA mengatasi masalah jerawat, komedo, dan kulit berminyak. BHA juga bisa mencegah peradangan kulit. AHA dan BHA paling efektif dipakai pada kulit yang bersih.  Pada penggunaan AHA, pastikan kulit Anda sudah bebas minyak (terutama jika Anda menggunakan cleansing oil untuk membersihkan wajah) sebelum menggunakan produk. Tunggu hingga kulit telah benar-benar kering untuk memaksimalkan eksfoliasi, sekitar 3 – 5 menit. Pada penggunaan BHA, Anda bisa langsung menggunakan produk tanpa perlu menunggu kulit hingga kering (karena komponennya yang larut dalam minyak).

    Argan Oil juga kaya akan kandungan asam lemak omega-6 dan 9. Untuk perawatan rambut, Argan Oil membantu merawat kulit kepala yang kering dan melembabkan rambut yang kering.  Sedangkan  Tea tree oil merupakan minyak pohon teh yang kandungannya bisa meredakan peradangan, selain itu tea tree oil juga memiliki kemampuan untuk mengurangi produksi minyak dan efek anti bakteri. Tea tree oil memiliki kandungan benzoil peroxyde yang digunakan untuk perawatan wajah. Penggunaan tea tree oil harus diperhatikan jika memiliki kulit yang sensitif ataupun menderita eksim karena bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

    Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter kecantikan atau dokter spesialis kulit. Hal ini dikarenakan apabila memakai banyak produk dan dijadikan satu dapat terjadi interaksi satu sama lain, dan dapat berdampak pada kulit Anda. Sebelumnya konsultasikan lebih dahulu dan dokter akan memeriksa jenis kulit Anda dan memberikan solusi produk apa yang sesuai dengan Anda.

    Semoga bermanfaat

     

    Salam, dr. Satya Sueningrat