Tanya Dokter

  • Nyeri punggung dan persendian

  • Dok saya mau tanya? Saya udh 2 minggu nyeri di punggung dan persendian pangkal tangan ,tenggorokan kayak ada dahak, nafsu makan agak berkurang, tubuh sering lemas. Untuk riwayat penyakit maag, bronkitis. Untuk aktifitas kadang2 rokok, telat makan, dan steress. itu diaknosanya nyerinya itu faktor apa ya dok mohon bantuanya.

    Hai, Sekumpulan gejala yang Anda alami mungkin / tidak berhubungan antara satu sama lainnya. Contohnya, bisa saja nyeri punggung Anda menyebabkan Anda kurang beristirahat di malam hari sehingga Anda pun menjadi sering lemas, akibatnya daya tahan tubuh pun berkurang menyebabkan gejala infeksi virus yang meliputi nyeri persendian dan nafsu makan kurang. Atau bisa saja setiap gejala tersebut masing-masing tidak berkaitan satu sama lain, seperti nyeri punggung karena batu ginjal, lemas karena kencing manis, tenggorokan berdahak karena merokok dan sebagainya. Nyeri punggung bisa disebabkan oleh sakit maag, nyeri otot, batu ginjal, jepitan saraf punggung dan sebagainya. Nyeri sendi pangkal tangan bisa disebabkan oleh posisi tangan saat bekerja (mis. mouse atau keyboard), carpal tunnel syndrome, gejala pra-infeksi virus, dan sebagainya. Sedangkan nafsu makan berkurang, lemas dan dahak tenggorokan bisa disebabkan oleh bronkitis, infeksi TBC, kanker paru, dan sebagainya. Karena banyaknya kemungkinan yang ada (dan kemungkinan ada/tidaknya hubungan antara satu dan lain gejala), Anda sebaiknya berkonsultasi secara langsung dengan Dokter. Dokter akan melakukan penggalian riwayat terarah dan pemeriksaan fisik. Mungkin diperlukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan dahak, pemeriksaan darah dan foto Roentgen. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa mengikuti. Berikut tips untuk Anda:

    • Kurangi / berhenti merokok
    • Kompres hangat punggung
    • Biasakan makan secara teratur
    • Kelola stress dengan baik
    • Apabila Anda sering bekerja menggunakan komputer, usahakan mengatur posisi duduk yang baik, sehingga kedua tangan cukup rileks untuk mengetik/menggerakkan mouse dan kepala tidak terlalu menunduk saat melihat monitor
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma