Tanya Dokter

  • perawatan wajah berjerawat

  •  tariyuriko
    Anggota

    Malam dok, saya ingin bertanya. Saya perempuan dgn umur 23thn. Saya cukup rajin mencuci muka saya 2 - 3x sehari dan setelahnya menggunakan toner. Kandungan facial wash dan toner adalah tea tree yang saya baca cukup baik untuk merawat wajah yg berjerawat dan berminyak. Saya juga menggunakan paper oil dan mencuci wajah jika benar-benar berminyak sekali. Meskipun demikian wajah saya masih muncul jerawat dan beruntusan. Makin parah jika akan mendekati menstruasi. Ayah saya saat muda hingga awal pernikahan memiliki wajah berjerawat sehingga saya diceritakan bahwa wajah saya mengalami hal ini karena faktor genetik dan bukan pubertas. Untuk itu pertanyaan saya:

    1. Apakah masih normal untuk mengalami wajah berjerawat dan beruntusan meskipun saya sudah cukup rajin mejaga kebersihan wajah?

    2. kira - kira apakah memang bisa dikarenakan faktor genetik sehingga wajah saya selalu berjerawat ? jika iya, tindakan apa yg perlu saya lakukan untuk meminimalkannya?

    3. Apakah wajah berjerawat masih bisa diijinkan menggunakan bb cream dgn kandungan tea tree dan aqua?

    sekian pertanyaan saya, terimakasih dok

    Halo,

     

    Jerawat terbentuk akibat terjadi Ketidakseimbangan pada sekresi minyak (sebum) dan hidrasi sehingga akhirnya menyumbat pori kulit dan menyebabkan jerawat timbul. Tentu saja walaupun Anda sudah sangat mengatur dan menjaga kebersihan wajah jerawat masih saja bisa timbul jika ketidakseimbangan tersebut terganggu. 

    Jika ini terjadi maka diperlukan metode lain untuk mengatasi jerawat Anda seperti :

    1. Gunakan sabun yang mengandung asam salisilat.
    2. Segera lap keringat Anda, pastikan jika Anda menggunakan paper oil gunakan secara benar.
    3. Rajin dan rutin Mencuci rambut.
    4. Gunakan obat jerawat yang mengandung asam salisilat dan atau benzoil peroksida.
    5. Hindari makanan penyebab jerawat.
    6. Hindari paparan sinar panas berlebih atau aktivitas di luar ruangan terlalu lama.
    7. Berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menentukan jenis krim untuk menangani jerawat dengan baik dan  tepat sasaran.

    Jerawat tidak disebabkan faktor genetik. Faktor genetik bisa saja berperan dengan penentuan  jenis kulit Anda namun tidak akan menyebabkan Anda berjerawat karena genetik tersebut.

    Pada kulit berminyak sebaiknya Anda tidak menggunakan bbcream atau kosmetik berlebihan. Anda pastikan kosmetik tidak bersifat komedogenik untuk bisa digunakan dan pastikan pula digunakan tidak saat sedang berjerawat.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi