Tanya Dokter

  • penyebab payudara terasa nyeri setelah operasi FAM

  •  Luna Mahadina
    Anggota

    Hallo dokter! Saya Luna Mahadina 19 tahun, 6 bulan yg lalu saya melakukan operasi karena setelah beberapa tahun ada benjolan di payudara. Tumornya sudah sebesar telur dan alhamdulilah masih jinak. Tapi kenapa ya dok setelah 6 bulan masih terasa sakit? Masih suka nyeri, nyut nyutan. Kalau angkat berat juga tidak sanggup karena langsung terasa nyeri ke bagian payudara dan mudah lelah. Apa yang harus saya lakukan? Mohon dijawab dokter terimakasih.

    Luna Mahadina  dr. Danny
    Dokter

    Hai. Benjolan pada payudara dapat disebabkan karena berbagai macam sebab. Benjolan pada payudara tidak selalu disebabkan karena suatu keganasan. FAM merupakan salah satu tumor payudara yang bersifat jinak dan cukup sering terjadi pada wanita usia muda. jika setelah melakukan operasi FAM 6 bulan lalu, maka terkadang memang pada beberapa kasus dapat masih terasa nyeri pada daerah sekitar operasi. Hal tersebut salah satunya dapat terjadi karena terbentuknya jaringa parut pada daerah bekas operasi tersebut. tetapi selain itu, rasa nyeri yang anda rasakan dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • FAM muncul kembali
    • Kista payudara
    • infeksi
    • dll
    oleh karena itu, untuk memastikan penyebab dari keadaan anda maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan USG atau mamografi jika memang diperlukan. Untuk sementara waktu anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri jika memang diperlukan seperti ibuprofen yang banyak di jual bebas di apotek. berikut artikel yang dapat anda baca mengenai FAM semoga bermanfaat. Terimakasih dr. Danny