Tanya Dokter

  • Kemungkinan terjadi kehamilan

  •  Ages
    Anggota
    Saya berhubungan intim dengan pasangan pada tanggal 4 dok namun tidak sampai ejakulasi di dalam, nah biasanya saya haid ditanggal 7 tapi saat ini saya belum haid dan tidak nampak gejala2 haid yang biasa saya alami seperti sakit perut, dan vagina pun nampak sangat kering. Bagaimana dok? Apa saya hanya kemungkinan telat atau ada kemungkinan hamil?

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kehamilan terjadi setelah melalui proses pembuahan dan tranplantasi embrio di dalam sistem reproduksi wanita. Pembuahan terjadi apabila sel sperma dan sel telur bertemu. Agar sel sperma bisa bertemu dengan sel telur, diperlukan penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) dan ejakulasi (keluarnya sperma) di dalam vagina. Proses kehamilan akan semakin besar kemungkinan terjadinya apabila sistem reproduksi dalam keadaan sehat dan wanita dalam keadaan subur. Masa subur wanita rata-rata 12-16 hari sebelum masa menstruasi.

    Dari peristiwa yang Anda paparkan, hubungan seksual yang terjadi di luar masa subur dan ejakulasi di luar, membuat kehamilan hampir tidak mungkin terjadi. Jika sekarang Anda belum menstruasi, kemungkinan waktu menstruasi mundur atau telat. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal, stress, pengaruh nutrisi, atau kelelahan. Jika menstruasi sering tidak teratur, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk melihat adanya kemungkinan penyakit medis lain.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di https://www.alodokter.com/telat-menstruasi-1-minggu-belum-tentu-hamil

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.