Tanya Dokter

  • Anak mengalami muntah-muntah dan kotoran berwarna kuning keabu-abuan

  • Selamat siang, nama saaya dewi, saya ibu dr an.alfathan (2,9th)..2 hr yg lalu anak saya muntah akut lbh dr 7 x. saat itu saya berikan vometa syr sesuai resep dokter2x 1 sdt...hr kedua anak saya msh mual dan ingin muntah jd obatnya saya gnti dgn primperan syr 4 mg per hr aj..namun ,dr kmrn ampe hr ini feces anak sya kuning pucat cenderung abu2.apakah itu bahaya dok?itu dr obat atau dr sumbatan empedu?makasih sebelumnya

    Halo, Primperan merupakan obat anti emetik atau anti muntah yang berisi metoklopramide. Efek samping yang sering ditimbulkan oleh obat ini adalah diare, mengantuk, gelisah, gejala ekstrapiramidal seperti tremor. Tetapi ada beberapa efek samping yang jarang muncul dari obat ini seperti feses berwarna pucat, nyeri perut, menggigil, urin berwarna gelap, dll. Selain efek samping obat, ada beberapa hal lain yang menyebabkan feses berubah menjadi berwarna pucat seperti :

    • Sumbatan batu empedu
    • Penyempitan saluran empedu
    • Hepatitis
    • Sirosis
    • Tumor pada hati, saluran empedu, atau pankreas
    • Dll
    Jika keluhan yang dialami oleh anak Anda memang benar akibat efek samping pengobatan, maka dengan menghentikan pengobatan keluhan ini akan menghilang dengan sendirinya. Jika pengobatan sudah dihentikan tetapi keluhan masih menetap, temui dokter anak untuk dilakukan pemeriksaan secara lebih lanjut untuk mencari penyebab pasti dari feses yang berwarna pucat tersebut. Silahkan baca artikel tentang metoclopramide Semoga membantu, dr. Tri