Tanya Dokter

  • Pengaruh obat fenitoin terhadap pembengkakan kelenjar getah bening

  • Salam dok.... saya mau tanya apakah obat fenitoin bisa memperburuk kondisi kelenjar getah bening dok??... pembengkakan KGB ini baru saya sadari sejak 3 hari ini bertepatan dengan saya sadar nya ada tonsilitis bag. Kiri...... dan entah kenapa pada kaki saya terasa gatal perih dan bentol2 spt di gigit semut gitu dok hampir d seluruh kaki... mohon bantuannya dok

    Hai, Obat fenitoin biasanya dipakai untuk pengobatan epilepsi atau gangguan kejang sejenisnya. Obat umumnya diminum setiap hari sampai beberapa tahun lamanya sampai gejala kejang bisa teratasi. Obat fenitoin dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti mengantuk, lemas, penebalan gusi, sakit kepala dan sebagainya. Dari literatur ditemukan bahwa pemakaian fenitoin juga dapat mencetuskan pembengkakan kelenjar getah bening. Diskusikanlah ke Dokter yang memberikan Anda fenitoin tentang kekhawatiran Anda terhadap efek fenitoin terhadap pembesaran kelenjar getah bening yang Anda alami. Dokter Anda akan melakukan evaluasi pengobatan hingga saat ini dan mempertimbangkan apakah obat dapat dihentikan, diganti atau diteruskan. Anda sebaiknya tidak menghentikan pengobatan fenitoin secara mandiri karena dapat berbahaya. Mengenai rasa tak nyaman di kaki, hal tersebut bisa terjadi akibat kelainan kulit (mis. radang kulit), infeksi jamur, gigitan serangga atau gangguan saraf (neuropati). Kondisi-kondisi ini mungkin tidak berkaitan dengan pemakaian fenitoin. Konsultasikanlah ke Dokter untuk mengetahui penyebabnya secara lebih jelas. Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma