Tanya Dokter

  • Feses berwarna hitam

  • Met siang dok! Saya sedang hamil, stelah kontrol dikasih 3 obat sama dokter salah satunya obat prenamia. Kemudian feses menjadi hitam. Tapi, saya tidak ada keluhan lainnya. Apakah itu tidak masalah? Apa saya harus berenti minum obat itu atau saya lanjutkan saja sampai habis?

    Terimakasih, ditunggu jawabannya!

    Mardya Yosta Pane  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Ibu Mardya, Salah satu suplemen wajib yang pasti diberikan pada ibu hamil adalah zat besi, yang memiliki sangat banyak kegunaan pada ibu hamil seperti :

    • mencegah anemia
    • mencegah hambatan pertumbuhan pada janin
    • mencegah kelemahan kontraksi rahim saat persalinan
    • mencegah perdarahan paska persalinan
    • dsb
    Preanemia mengandung zat besi di dalamnya. Feses bewarna hitam memang dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab. Yang paling berbahaya adalah perdarahan saluran cerna bagian atas. Akan tetapi, konsumsi zat besi / suplemen yang mengandung zat besi dapat pula membuat BAB / feses menjadi bewarna hitam dan hal itu bukanlah suatu masalah. Menurut saya, jika anda tidak ada keluhan lain, maka warna hitam pada feses hanya akibat pewarnaan dari suplemen yang mengandung zat besi tersebut dan tidak membahayakan. Lanjutkan saja pemakaian suplemen besi tersebut karena memang diberikan untuk kesehatan bumil dan janinnya. Jika anda ragu, anda dapat berkonsultasi kepada dokter yang menangani anda kembali. zat besi pentingnya zat besi bagi tubuh demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Makasih banyak dr.Rico. Jawabannya sangat bermanfaat sangat membantu. dokter tau sendiri kan kalo mau balik lagi sama dokter yang menangani, Antrinya itu yang nggak tahan. Bisa berjam2 bahkan sampe malam. :-)