Tanya Dokter

  • Penanganan Fibrodenema

  •  Incarnation
    Anggota

    malam doc,

    saya punya fibrodenema dan sudah selesai periksa sama dokter. Hasilnya, Dokter bilang tidak bahaya jika di biarkan saja. Oleh itu, apa ia nya bisa jika saya minum minuman2x yang menstabilkan hormon wanita, membesarkan pyudara, dan yang mempunyai pelbagai fungsi buat dalaman wanita ? apa ia nya bisa atau nggak ya ?

    Haii.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Fibroadenoma mammae (FAM) merupakan tumor jinak pada payudara yang biasa terjadi pada wanita usia 20-30 tahun. Benjolan pada FAM umumnya dapat digerakkan, teraba kenyal, tepi halus, dan tidak nyeri. Umumnya FAM tidak perlu dioperasi bila ukuran tidak terlalu besar, tetapi operasi tetap dapat dilakukan atas keinginan pasien dan atas indikasi kesehatan perlu dilakukan operasi. 

    Penyebab FAM disebutkan dipengaruhi oleh faktor hormonal oleh karena itu biasanya benjolan akan membesar pada masa kehamilan dan pada usia muda. Karena penyakit ini dipengaruhi oleh hormon, maka konsumsi minuman untuk menstabilkan hormon wanita harus dikonsumsi berdasarkan saran dokter dan sesuai dengan keadaan kesehatan anda. Jangan mengkonsumsi makanan/ minuman penstabil hormon tanpa konsultasi dengan dokter karena dapat meningkatkan resiko kanker payudara, terutama anda memiliki riwayat ada tumor jinak payudara. Hal ini ditakutkan semakin memperbesar risiko kejadian kanker payudara.

    Untuk itu anda dapat melakukan:

    • Rutin lakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)
    • Perhatikan bila benjolan dirasa semakin membesar atau ada benjolan baru
    • Lakukan pola hidup sehat
    • Hindari konsumsi makanan yang dibakar

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti