Tanya Dokter

  • fimosis pada anak usia 2 tahun

  •  Devi Arisanty
    Anggota
    Slm kenal Dok.saya mau tanya Dok. Saya ibu dari seorang anak usia 2,5 tahun, yg oleh Dr Urologi sdh didiagnosa kena fimosis. Yg saya. Mau tanyakan adakah cara untuk mengatasi fimosis tanpa sunat ya? Kalo menurut yg sya baca2 dari mbah google ada cara lain yaitu slh satunya dg cream betamethason propionate 0,05%. Apakah betul Dok. Lalu mohon petunjuk penggunaannya Dok. Dan mgkin info lain selain cara disunat.sebelum dan sesuadahnya sy sampaikan terimakasih Dok.

    Halo Devi........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh anak Anda berupa phimosis merupakan suatu kondisi dimana kulup penis terlalu ketat sehingga tidak dapat ditarik ke belakang atau ke atas penis. Kondisi ini paling banyak ditemukan pada bayi atau balita. Jika pada orang dewasa, maka ha ini mungkin disebabkan oleh karena terbentuknya jaringan parut oleh karena suatu infeksi :

    Phimosis sendiri dapat dapat menimbulkan suatu kondisi atau gejala - gejala diantaranya adalah : Nyeri dan bengkak pada penis, kulit penis yang berwarna kemerahan, kesulitan dalam membuang air kecil, luka pada kulup, dll.

    Pengobatan atau penanganan phimosis yang paling tepat adalah dengan melakukan prosedur sunat. Penggunaan krim yang Anda utarakan tidak dapat mengatasi phimosis. Cobalah diskusikan masalah ini dengan Dokter Spesialis Bedah agar segala sesuatunya terang dan jelas.

    Tips untuk Anda dalam terkait kondisi phimosis anak Anda : jagalah selalu kebersihan penis anak Anda, rutin membersihkan area yang tertutup kulit penis, basuh penis anak Anda setelah buang air kecil ataupun buang air besar.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MANFAAT SUNAT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati