Tanya Dokter

  • Manfaat obat finasteride untuk rambut rontok

  •  Ingram
    Anggota
    Saya mau tanya dok ttg obat finastride 1mg. Saya pria 25 tahun, masih bujang, mengalami kerontokan di area ubun" dan sekitar user" kepala. Saya bertanya di suatu forum indonesia, ada dokter jg disana, menganjurkan untuk mengkonsumsi finastride 1mg untuk menekan hormon DHT yg menjadi penyebab rambut rontok dok. Namun ketika saya baca efek samping nya jadi khawatir. Pertanyaan saya apa benar finastride ampuh berkhasiat membuat rambut saya tidak rontok dan berangsur kembali mendekati kondisi normal? Dan ketika saya sudah tidak konsumsi lg obat finastride, apakah semua khasiat dan efek samping obat hilang secara menyeluruh dr tubuh dan obat saya? Bagaimana cara mengetahui kalau saya termasuk org yg tidak cocok/boleh mengkonsumsi obat ini? sedangkan saya masih bujang. Saya takut karena ingin terlihat oke tp jadi susah mempunyai momongan di kemudian hari. Tolong ya dokter. Terima kasih

    Hallo Ingram

    Terimakasih atas pertanyan anda

    Finasteride merupakan obat yang bekerja dengan cara menghambat enzim 5-alpha reductase, dengan kata lain, menghambat perubahan hormon testosteron menjadi hormon dihidrotestosteron. Hormon dihidrotetosteron inilah yang menyebabkan terjadinya pembesaran kelenjar prostat dan/atau rambut rontok. Jika penyebab kerontokan rambut yang anda alami disebabkan karena gangguan hormonal, maka memang berdasarkan penelitian obat finasteride ini bisa membantu memperlambat terjadinya kebotakan dan menumbuhkan rambut pada daerah yang botak. Namun anda harus paham bahwa kebotakan bisa disebabkan karena banyak hal, bukan hanya karena gangguan hormon saja. Maka, jika bukan karena gangguan hormonal, kecil kemungkinan obat ini untuk mengatasi masalah kebotakan rambut anda atau dengan kata lain bisa saja tidak berefek. Tentu saja konsumsi obat ini tidak tanpa efek samping. Penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan beberapa keluhan seperti:

    • Gangguan seksual (gairah seksual/libido menurun, gangguan ereksi, gangguan ejakulasi termasuk penurunan volume ejakulasi).
    • Gangguan orgasme
    • Genikomasti dan dada sakit saat disentuh
    • Nyeri pada daerah testis
    • Depresi
    • Meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara pda pria

    Untuk pengobatan yang lebih tepat, sebaiknya anda berkosultasi dengan dokter terlebih dahulu dan lakukan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jika sudah bisa dipastikan anda mengalami gangguan kebotakan karena hormon androgen dan tidak ada kontraindikasi/alergi untuk mengkonsumsi finasteride serta dokter menyarankan anda demikian, maka barulah anda boleh mengkonsumsi obat ini. Sebaiknya obat ini dipergunakan secara hati-hati pada orang-orang yang memiliki gangguan fungsi hati.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino