Tanya Dokter

  • Cara mengatasi fistula yang kambuh

  •  udin23
    Anggota
    dok mau tanya.. pasca oprasi fistula kambuh lgi.. apakah fistula dapat sembuh dg konsumsi antibiotik dan rendam dgn antiseptik.. mohon penjelasannya.. trim's..
    udin23  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo udin23,

     

    Fistula merupakan adanya saluran yang tidak seharusnya muncul diantara 2 rongga seperti pada saluran cerna, saluran kemih, atau pada pembuluh darah. Beberapa faktor risiko munculnya fistula diantaranya penyakit yang mendasari seperti yang terjadi pada fistula pada saluran cerna akibat Chron's disease, adanya riwayat trauma, atau disebabkan karena infeksi pada jaringan sekitar fistula yang awalnya tidak tertangani dengan baik.

     

    Adanya fistula umumnya menyebabkan keluhan berupa adanya cairan yang kerap keluar dari lubang keluar fistula yang biasanya berbau tak sedap. Pengobatan yang dilakukan pada fistula umumnya dengan melakukan operasi dan pemberian antibiotik apabila fistula disebabkan karena adanya infeksi sehingga fistula tidak dapat hilang dengan hanya pemberian antibiotik dan direndam dengan larutan antiseptik.

     

    Sebelumnya perlu diketahui apakah fistula terdapat dari 1 tempat yang sama atau disebabkan di tempat yang berbeda selain itu, pasca dilakukannya operasi apakah terjadi infeksi berulang sehingga mungkin menyebabkan terbentuknya fistula kembali. Sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter yang sebelumnya pernah melakukan operasi pada anda sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan CT-Scan atau MRI apabila diperlukan untuk mengetahui asal dan hubungan dari fistula terhadap organ lain.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat. 

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi