Tanya Dokter

  • Penyebab keluar flek coklat

  •  Pidha
    Anggota
    Sore dok, saya mao nanya udah 3 hari saya suka flek coklat tapi pas yang pertama flek nya gak terlalu coklat banget kaya sekarang itu kenapa yah dok??? Makasih sebelumnya dok...

    Halo Pidha.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami saat ini dapat dikategorikan sebagai pendarahan di luar siklus menstruasi, dimana hal ini timbul paling sering dipicu oleh karena stres psikologis.

    Sekedar informasi untuk Anda, jika seorang wanita mengalami stres, maka hormon di dalam tubuhnya maupun bagian otak yang mengatur siklus menstruasi yaitu Hipotalamus akan mengalami gangguan.

    Selain oleh karena stres psikologis, kondisi Anda juga dapat disebabkan oleh : tubuh dalam kondisi kelelahan yang sangat, kehamilan, obesitas, penyakit radang panggul, sindrom ovarium polikistik, penurunan berat badan yang sangat ekstrim, kista ovarium, gangguan pada kelenjar tiroid, kekurangan gizi atau nutrisi, diabetes.

    Jika hal ini baru pertama kali Anda alami, maka Anda tidak perlu khawatir berlebih. cegahlah pendarahan di luar siklus menstruasi terjadi kembali dengan cara melakukan pola hidup sehat.

    Berikut ini beberapa tips untuk Anda dalam rangka mencapai pola hidup sehat, yaitu : kelola stress psikologis, hindari tubuh dalam kondisi kelelahan yang sangat, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, jangan begadang, perbanyak makan buah dan sayur, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan, stop merokok dan jangan minum minuman keras.

    Namun, apabila setelah melakukan pola hidup sehat pendarahan di luar siklus menstruasi masih saja Terus berlangsung sampai dengan tiga bulan ke depan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    PENDARAHAN DI LUAR SIKLUS MENSTRUASI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati