Tanya Dokter

  • Penyebab keluar flek coklat

  •  indah pratiwi
    Anggota

    Salam kenal dok,

    saya indah usia 25 tahun, saya sudah menikah dan pernikahan saya akan memasuki bulan keempat. 

    Saat ini saya mengalami flek kecoklatan dok dari tanggal 10 nov 2017 hingga sekarang, biasanya saya tidak pernah seperti ini dok. Kemudian suhu badan saya agak hangat dok, badan terasa pegal, dan disertai pusing dok. Flek coklat terkadang sedang, terkadang tidak ada dok.

    Apakah ini karna hormon tubuh yang tidak stabil atau ada gangguan di dalam tubuh saya dok. mohon penjelasannya.

     

    terimakasih dokter.

     

    Halo Indah,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Apakah perdarahan/ flek tersebut bertepatan dengan waktu menstruasi Anda? Jika tidak, perdarahan yang terjadi di luar waktu menstruasi Anda dapat disebabkan oleh beberapa kondisi beriku:

    • gangguan hormonal misalnya karena stres psikologis yang tinggi, penggunaan kontrasepsi hormonal, gangguan hormon tiroid, sindrom ovarium polikistik
    • ovulasi, yaitu dilepaskannya sel telur dari ovarium, jika perdarahan terjadi pada tengah-tengah siklus menstruasi
    • miom
    • infeksi menular seksual
    • radang panggul

    Jika perdarahan ini bertambah banyak atau tidak berhenti lebih dari satu minggu, silakan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dokter dapat mengetahui lebih lanjut keluhan Anda dan melakukan pemeriksaan pada Anda. Penanganan lebih lanjut tergantung pada hasil pemeriksaan dokter.

    Untuk sementara, silakan Anda mengelola stres dengan baik, cobalah lakukan hal yang menyenangkan Anda. Perbaiki pola makan Anda dan perbanyak konsumsi makanan bergizi.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia