Tanya Dokter

  • Keluar flek coklat di luar masa menstruasi

  • Slamat siang dok, saya Christin. Usia 22 belum menikah, Saya mengalami flek coklat sudah 3-4 hari namun sedikit. Jadwal menstruasi biasa tgl 20, Itu kenapa ya dok?penyembuhan nya?

    Halo Christin

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Siklus menstruasi memang merupakan siklus yang umumnya terjadi setiap 4 minggu pada wanita yang sudah mencapai masa pubernya. Siklus menstruasi ini pasti tidak akan sama pada setiap wanita. Bahkan pada salah satu wanita yang sama pun terkadang dapat berbeda-beda dari segi jumlah darahnya, durasi menstruasi, hingga rasa nyeri perut yang timbul akibat menstruasi ini.

    Flek cokelat yang terjadi pada Anda kemungkinan bukan merupakan suatu hal yang membahayakan. Karena pada beberapa hari menjelang siklus menstruasi biasanya seorang wanita akan mengalami flek kecokelatan tersebut. Adanya flek cokelat ini menunjukan tubuh Anda berada dalam beberapa kondisi ini:

    1. Adanya kelelahan dan stress akibat aktivitas fisik yang berat
    2. Merupakan tanda ovulasi atau dalam masa subur
    3. Efek samping alat kontrasepsi
    4. Tanda awal kehamilan (bagi yang sudah menikah)

    Selama flek cokelat yang terjadi tidak disertai dengan keluhan lainnya seperti adanya rasa gatal, nyeri pada daerah panggul, bau yang tidak sedap/amis dari daerah kewanitaan, tidak perlu merasa terlalu khawatir. Namun bila Anda masih ragu, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan untuk dapat lebih memastikan kemungkinan penyebab dari flek kecokelatan yang timbul pada Anda.

    Beberapa hal yang mungkin dapat membantu adalah:

    1. Istirahat yang cukup
    2. Konsumsi cukup air putih dan makanan yang bergizi
    3. Jaga kebersihan area kewanitaan Anda dengan menggunakan air hangat. Hindari produk pembersih area kewanitaan yang justru dapat merubah pH area kewanitaan
    4. Hindari untuk menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat
    5. Saat membersihkan area kewanitaan usahakan untuk membasuhnya dari arah depan ke belakang untuk mencegah berpindahnya bakteri pada area anus ke bagian depan

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati