Tanya Dokter

  • Flek Coklat Terus Menerus

  •  Mas Sutambah
    Anggota

    Selamat Sore Dokter

    Dok, saya mau bertanya ?

    saya sering keluar flek coklat dari awal kehamilan sampai sekarang,saya juga sudah ke dokter ahli kandungan dan kebidanan setiap bulan serta periksa melalui alat USG, dokter mengatakan kandungan saya baik baik saja dan saya juga sudh diberi obat vitamin untuk kandungan saya .menurut dokter, apakah kandungan saya juga baik baik saja ?karena saya sering sakit pinggang dan perut saya terasa sakit dibagian bawah dok, mohon solusinya ya dok. terima kasih.

    Mas Sutambah  Mas Sutambah
    Anggota

    Sorry dok, usia kandungan saya sudah 10 minggu. terima kasih.

    Hai Mas Sutambah, Jika anda mengalami flek merah atau kecoklatan saat sedang dalam keadaan hamil sebaiknya anda SEGERA mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga dapat ditemukan penyebab dari flek yang terjadi apakah disebabkan oleh hormonal. keputihan atau tanda-tanda dari keguguran. Ngilu yang anda rasakan di bagian perut dan pinggang dapat merupakan akibat dari besar janin yang semakin bertambah sehingga menyebabkan terjadinya beban otot yang semakin bertambah sehingga menyebabkan sakit atau linu. Namun, sebaiknya tetap diperhatikan penyebab-penyebab lain seperti infeksi atau penyebab yang lain. Jika anda sudah melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dan tidak ada indikasi adanya kelainan dengan kandungan anda maka anda tidak perlu khawatir. Namun, anda harus tetap melakukan pemeriksaan rutin ke dokter dan mengkonsumsi vitamin atau obat-obatan lain yang diberikan oleh dokter sesuai dengan petunjuk yang sudah diberikan. Untuk mengurangi nyeri anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:

    • Kompres pinggang dengan air hangat
    • Menempelkan koyo atau membaluri balsem di pinggang
    • Memperbaiki postur tubuh
    • Istirahat dengan cara berbaring
    • Konsumsi air mineral minimal 2 liter dalam 1 hari
    Jika nyeri yang anda alami tidak dapat anda tolerir, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan dengan segera ke dokter kandungan dan kebidanan. Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Hamil 2 bulan Semoga membantu dr. Yosephine