Tanya Dokter

  • flek dan nyeri pinggul setelah operasi histerektomi

  •  Susilawaty
    Anggota

    Halo dok.. Usia saya 40 thn..,Setahun lalu saya melakukan oprsi histerektomi / hany rahim saja) karena menderita penebalan dinding rahim dan mengakibatkan haid terus menerus. sdh 5 hari belakangan ini saya mengalami flek yg lumayan byk berwarna hitam kecoklatan di sertai nyeri perut kanan bawah sampai ke pinggang..utk mengatasi nyeri saya minum kataflam 50..tp rasa nyerinya tetap ada..pertanyaan saya..apa penyebab flek dan nyeri itu..trm kasih

    Halo,   Nyeri perut bagian bawah dan flek yang timbul pada Anda memerlukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dan asal flek Anda. Karena operasi dilakukan setahun yang lalu, maka kemungkinan keluhan Anda bukanlah berasal dari luka operasi histerektomi Anda. Keluhan yang Anda alami bisa disebabkan karena :

    1. Perlengketan paska histerektomi.
    2. Penyakit radang panggul.
    3. Tanda awal kanker.
    4. Luka atau iritasi pada vagina.
    5. Endometriosis.
    6. Radang usus buntu.
    7. Efek obat tertentu.
    8. Kista
    9. dll.
    Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan tes fisik dan tes medis terkait dengan keluhan Anda ke dokter kandungan yang melakukan operasi histerektomi Anda. Karena dokter yang mengoperasi Andalah yang mengetahui secara detil kondisi rahim Anda saat operasi dan apakah ada penyulit lain saat operasi berlangsung. Dokter akan mencari penyebab keluhan Anda dengan melakukan tes seperti USG, tes darah, tes spekulum, CT SCAN dan MRI dll jika diperlukan. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan keluhan Anda. Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan kompres hangat pada perut yang nyeri, minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dll. Hindari meminum obat resep dokter tanpa anjuran dokter agar tidak terjadi komplikasi yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.