Tanya Dokter

  • Siklus haid tidak teratur dan hanya keluar flek hitam

  • dok , saya pasangan yg sudah menikah lebih dari satu tahun , sudah 3 bln ini haid saya lancar setelah tadi nya tidak teratur , baru bulan ini saya keluar flek Hitam hampir 3 hri tapi hanya setetes , padahal jadwal haid saya nanti tanggal 1 kenapa ya donk . saya jdi bingung itu darah haid atau apa .. makasih ya dok

    Hai, Flek hitam berasal dari darah yang sudah tertimbun lama di dalam rahim; tergantung lamanya di dalam rahim, flek dapat berwarna coklat hingga hitam. Semakin lama darah tertahan, semakin gelap warnanya. Pada dasarnya, flek hitam merupakan haid, namun darahnya tertampung cukup lama di dalam rahim sehingga warnanya berubah. Warna haid ini tidak bermakna secara klinis; yang lebih penting ialah kapan haid tersebut terjadi. Menstruasi normal memiliki jarak sekitar 21-35 hari, berlangsung selama 2-5 hari dan banyaknya sekitar 30-70 ml (sekitar 3-5 pembalut per hari, tergantung kebiasaan dan jenis pembalut, jumlah ini bisa bervariasi). Apabila terdapat perdarahan haid di luar siklus (mis. belum sampai 21 hari sudah mulai terdapat flek lagi), kemungkinan terdapat masalah di organ kandungan, masalah hormonal atau gangguan pembekuan darah. Masalah organ kandungan misalnya kista ovarium, polip rahim, miom atau endometriosis. Masalah hormonal misalnya sindrom ovarium polikistik, gangguan hormon tiroid atau diabetes. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Kebidanan (Sp. OG). Mungkin diperlukan pemeriksaan USG dan tes darah untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan. Tips berikut mungkin membantu:

    • Hindari stres dan kelelahan fisik
    • Istirahat cukup setiap hari; tidur sekurangnya 7 jam sehari
    • Banyak makan buah dan sayuran
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    kenapa ya dok , masalah nya kmarin sudah tgl 1 waktunya saya haid tapi masih tetap flek coklat terus dok hanya setetes dalam sehari . ,, dan apakah ada gangguan jika saya ingin hamil dok , ?

    Hai,

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, adanya gangguan menstruasi (seperti keterlambatan haid, atau menstruasi yang tidak jelas waktunya), bisa jadi menandakan masalah organ kandungan, masalah hormonal atau gangguan pembekuan darah. Kondisi ini sedikit banyak berkaitan dengan gangguan kesuburan. Konsultasikanlah ke Dokter / Ahli Kandungan (Sp. OG) untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah dan USG untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma