Tanya Dokter

  • Penyebab menstruasi hanya berupa flek hitam saja

  •  thrx06
    Anggota

    halo dok selamat pagi

    saya ingin bertanya dok, saya sudah menstruasi sejak tanggl 2 november dan sampai saat ini hanya keluar flek flek hitam saja. tetapi kadang kadang flek hitam kecoklatan itu tidak ada dok.. dan di hari berikutnya ada..

    itu kenapa ya dokk?

    mohon bantuannya ya dokk

     

    terimakasi banyak dok

    selamat pagi

    Halo thrx06.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke yang dalam dunia medis disebut sebagai pendarahan di luar siklus menstruasi, dimana hal ini paling sering disebabkan oleh karena stres psikologis. Jika seorang wanita mengalami stres, maka hormon di dalam tubuh maupun bagian otak yang mengatur siklus menstruasi yaitu Hipotalamus akan mengalami gangguan.

    Akan tetapi selain oleh karena stres psikologis, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : tubuh dalam kondisi kelelahan yang sangat, obesitas, Peradangan pada Panggul, penurunan berat badan yang sangat ekstrem, kista ovarium, penyakit menular seksual, sindrom ovarium polikistik, gangguan pada kelenjar tiroid, kekurangan gizi atau nutrisi, diabetes.

    Jika hal ini baru pertama kali Anda alami, maka Anda tidak perlu khawatir berlebih. Anda cukup mencegah agar kondisi ini tidak terulang kembali pada siklus menstruasi berikutnya dengan cara melakukan pola hidup sehat, seperti :

    • Kelola stress psikologis.
    • Makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu.
    • Minum air putih minimal 2 Liter perhari.
    • Tidur dan istirahat yang cukup.
    • Hindari tubuh dalam kondisi kelelahan yang sangat.
    • Perbanyak makan buah dan sayur.
    • Olahraga teratur sesuai dengan kemampuan.
    • Stop merokok dan jangan minum minuman keras.

     

    Apabila setelah Anda melakukan cara - cara di atas pendarahan di luar siklus mestruasi masih saja terjadi selama tiga bulan ke depan, maka kami sangat menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin, USG khusus obsgyn, pap smear, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    KLik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    PENDARAHAN DI LUAR SIKLUS MENSTRUASI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati