Tanya Dokter

  • Efek pengeluaran flek darah berkepanjangan terhadap kehamilan

  •  Arviana
    Anggota
    Siang dokter, saya sedang hamil anak ke 2 uk sekarang 32w, pada uk 26w kluar flek setelah HB tp hanya sehari dan flek yg kluar sedikit, 1minggu kemudian (pd uk 27w) sy HB lg dan pagi ny saya kluar flek sedikit sekali, dan 2hr kemudian lubang pipis saya agak gatal dan perih selama 3hr, tp wrn pipis dan laen ny normal. dan sampai skg atau uk 32w saya msh mengalami flek sekitar 3hr ini flek yg kluar agak banyak dan bercampur darah, sy sudah konsul k 2 dokter berbeda pd uk 28w dan kemaren pd uk 32w.. Nah waktu periksa pd uk 28w kt dokternya posisi plasenta agak sedikit kebawah sy d saran kan u/ istirahat dan tdk byk gerak, dan kmrn pd uk 32w sy periksa k dokter berbeda kt ny posisi plasenta saya normal dan bagus, dan lagi2 kt dokter ny saya d saran kan jgn byk gerak dan mesti byk istirahat... Apa pengaruh ya dok flek ini krn kecapean? Atau bisa karna infeksi dok? Jujur saya masih blm puas dg jwban dr dokter tsb.. Mohon saran ny dok terimakasih

    Halo Ibu Arviana, 

    Pemeriksaan USG bisa mengetahui letak plasenta. Mungkin saja memang pada usia 28 minggu plasenta Anda sedikit rendah, kemudian seiring dengan perkembangan rahim yang semakin membesar, plasenta letaknya menjadi lebih ke atas. Biasanya ini terjadi jika plasenta letaknya tidak menutupi jalan lahir sepenuhnya (tidak melewati mulut rahim). 

    Perdarahan pada kehamilan bisa terjadi karena hal yang normal maupun tidak. Perdarahan bisa terjadi karena: 

    • Sehabis berhubungan seksual
    • Infeksi
    • Plasenta previa (ari-ari menutupi jalan lahir),
    • Plasenta letak rendah
    • Abrupsi plasenta
    • Pengaruh hormonal
    • Tanda akan melahirkan prematur, dan penyebab lainnya. 

    Saat ini dokter kandungan Anda yang paling mengetahui penyebabnya karena dokter kandungan Anda sudah memeriksa Anda secara langsung. Kelelahan juga bisa menyebabkan perdarahan pada sebagian wanita. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengikuti saran dokter Anda untuk beristirahat. Jika disebabkan oleh infeksi, biasanya ada gejala lain misalnya keluar keputihan atau gatal. Jika disebabkan karena abrupsi plasenta biasanya terasa nyeri pada perut. Perdarahan karena plasenta previa biasanya yang keluar adalah darah segar dan tidak disertai rasa nyeri. 

    Selain beristirahat total, sebaiknya Anda memantau perdarahan. Jika perdarahan keluar kembali, nyeri perut hebat, keluar cairan dari vagina, demam, atau ada gejala lainnya, jangan ragu untuk ke dokter. Tunda hubungan seksual sampai dokter kandungan Anda menyatakan aman. 

    Salam, 

    dr. Mega