Tanya Dokter

  • Flu disertai hidung tersumbat dan sakit tenggorokan

  • Siang Dok..saya mau bertanya,sudah berapa hari ini saya flu.hidung saya mampet dan tenggorokan saya juga sakit (sakit nelan)..karna hidung saya mampet itu jdnya kepala saya suka pusing Dok,dan pasti setiap saya flu /hidung mampet dan sakit nelan pasti selalu telinga saya juga ikt ga enak Dok..kaya mampet gitu,kalau sendawa kaya terbuka tapi sudah gitu mampet lagi...sekarang saya lagi minum obat flucadex Dok...makasih

    Halo Stevani......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang anda alami saat ini, berupa telinga yang terasa tersumbat emg salah satunya dapat disebabkan oleh pilek atau flu. Pada saat pilek, hidung biasanya tersumbat karena peradangan, dan akhirnya saluran telinga pun yang masih berhubungan dengan saluran Pernapasan ikut menjadi meradang dan menimbulkan rasa tersumbat.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara : kunyah permen karet bebas gula, ambil nafas dalam - dalam === keluarkan udara dari lubang hidung yang telah ditutup sampai terdengar bunyi plop di dalam kepala.

    Jika kondisi ini masih saja dialami walaupun pilek sudah semakin membaik atau sudah sembuh, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit THT ( telinga hidung tenggorokan ), dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik khususnya bagian telinga, otoskopi, endoskopi THT, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati