Tanya Dokter

  • Cara mengatasi flu dan batuk

  •  Egha Aveiro
    Anggota
    Selamat sore dok.. Saya mau anjurkan pertanyan nih.. Dok sya kmarin seminggu lebih mengalami batuk gatel trus batuk ini sudah aga mendingan dan skrng saya jd skit pilek.. Kira kira itu alergi apa bukan yah dok.. Mohon jawabanya donk dan kasih tau cara ngobatinya donk.. Terimakasih dok..

    Halo Egha......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami berupa pilek, merupakan infeksi ringan pada hidung, saluran Sinus, tenggorokan, dan saluran Pernapasan bagian atas, yang umumnya disebabkan oleh karena serangan virus.

    Gejala pilek yang biasanya muncul di antaranya berupa : hidung yang terus - menerus mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, Pernapasan tidak lancar, tidak enak badan, suara serak.

    Pilek yang muncul pada orang dewasa umumnya akan menghilang dengan sendirinya setelah 1 minggu sampai dengan 10 hari, akan tetapi gejala batuk dapat sampai berlangsung kurang lebih 3 minggu.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara : minum air putih hangat minimal 2 Liter perhari, mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C, perbanyak makan buah dan sayur, makan makanan yang sehat dan bergizi mudah telan seperti sup ayam atau bubur ayam, mengonsumsi obat pilek yang dijual bebas di apotik.

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara di atas, pilek masih saja terjadi sampai dengan lebih dari satu bulan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis THT ( telinga - hidung - tenggorokan ), dan mendiskusikan masalah ini, agar dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati