Tanya Dokter

  • Flu hidung mampet jangka panjang

  •  feri irawan
    Anggota

    Dokter saya mau tanya'. Awal mula saya pilek biasa sdh gitu kayak tersumbat sampe kepala saya puyeng terasa muter dan hampir pinsan". Setelah kejadian itu sekarang saya malah menderita flu tapi lama sekali sembuhnya. Kadang2 ingus saya lengket kental tapi putih bening. Ada juga yg nge gumpal. Ada juga yg ke ijo2an lendir.dan penciuman saya berkurang, sampe sekarang penciuman hidung sya tidak bgtu normal. Berbicara suara mendeng. Dan telingan terasa berat dan penuh. Sdh konsultasi ke dokter umum. Tapi flu nya lum sembuh2 juga. Tapi penciuman agak sedikit2 udah bisa. Tapi kadang mampet dan gak nyium lagi. Mohon pencerahannya dokter? Terimakasih.

    Hai feri, Flu merupakan infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus. Gejala yang diakibatkan oleh flu adalah sebagai berikut:

    Penciuman yang berkurang dapat disebabkan oleh hidung yang mampet. Lendir yang terjadi pada saat flu dapat berbagai macam seperti berwarna bening, ataupun hijau, bisa juga dengan konsistensi yang cair atau lengket. Seiring dengan flu anda yang semakin membaik maka penciuman, sakit kepala dan keluha yang lain akan berangsur-angsur membaik. Sebaiknya anda mengikuti saran dan mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter karena untuk kesembuhan setiap penyakit akan berbeda-beda pada setiap orang. Anda dapat melakukantips-tips di bawah ini:
    • Mengkonsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan vitamin
    • Minum air mineral minimal 2 liter dalam satuhari
    • Olahraga rutin 3 kali seminggu
    • Istirahat cukup minimal 8 jam dalam 1 hari
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Flu Menghalau flu dengan makanan sederhana Semoga membantu dr. Yosephine U L simanungkalit  

    feri irawan  feri irawan
    Anggota

    Tapi dokter ini udah lebih dari 3 bulan. Lendir ingus selalu ada gak habis2. Berbicara mendeng serasa penuh di telinga. Penciuman hidung sdh 3 bulan tidak normal sperti dulu.